Thursday 3 November 2016

Naskah Jawa Lama

Posted by ilmu dasar kehidupan On 08:46 | No comments
        Terdapat banyak naskah ang tersebar di Indonesia, khususnya pada pulau Jawa. Di setiap periode selalu ada jenis naskah dan seiring berkembangnya jaman selalu berubah.
Untuk periodik  pertama naskah tersebut ialah Kakawin. Berwujud seperti puisi yang memiliki aturan untuk membuatnya. Perkembangan sastra ini berada pada kerajaan Kediri sampai Mojopahit, cerita berisi tentang para wayang dan dewa dari India. Era ini disebut Jawa Kuna. Banyak contoh dari jenis kakawin ni seperti, Kitab Adiparwa, Kakawin Sena, Kitab Pararaton, Kunjarakarna- dharmakathaka, Negarakertagama, Kresnayana.

Download kakawin di Link bawah

          Pada era itu Kakawin menjadi sastra yang tenar di pulau Jawa. banyak yang mempelajari keunikan sastra tersebut, tetapi sebagian dari para pujangga menginnginkan kehadiran cerita yang baru, yaitu cerita tentang pribadi diri manusia Jawa, akhirnya sastra beralih ke Kidung, mulainya era Jawa Pertengahan. Perkembangan sastra Kiddung dimulai dari akhir jaman Mojopahit sampai kerajaan setlah Mojopahit.
Contoh dairkidung ialah kidung wargasari, kidung bonang, kidung canhini, dan lain sebagainya.

Download Kidung di Link bawah

         Berakhitnya sastra kidung diiuti unculnya sastra lain dengan naskah-naskahnya seperti Serat, Babad, dan Suluk.
download naskah dibawah

          Sastra sejarah seperti diatas merrupakan karya-karya besar yang dimiliki di Jawa, bahkan masih banyak lain yang belum diteliti.

Naskah-naskah didownload dari mas kumitir (alang-alang kumitir)

0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads