Tuesday 27 August 2019

RPP Bahasa Jawa Kelas 7 - Teks Tanggapan Dheskriptif

Posted by ilmu dasar kehidupan On 20:42 | No comments
RPP BAHASA JAWA
KELAS 7 - KD I - TEKS TANGGAPAN DHSKRIPTIF
SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :    SMP Negeri ……………..
Mata Pelajaran                  :    Bahasa Jawa
Kelas/Semester                   :    VII/Ganjil
Materi Pokok                     :    Teks Tanggapan Deskriptif
Alokasi Waktu                   :    2 pertemuan (2jp)
______________________________________________________________________
A.      Kompetensi Inti
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Kompetensi Dasar
Indikator


3.1 Memahami teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, dan eksposisi dalam bentuk informasi atau berita  secara  lisan dan tulis.

3.1.1 Menjelaskan struktur teks  tanggapan deskriptif  secara  lisan dan tulis
3.1.2 Menentukan ciri bahasa teks tanggapan deskriptif  secara  lisan dan tulis
3.1.3 Menyimpulkan isi teks tanggapan deskriptif  secara  lisan dan tulis
4.1 Menelaah dan menyunting teks hasil observasi, tanggapan deskriptif, dan eksposisi dalam bentuk informasi atau berita secara  lisan dan tulis
4.1.1   Menelaah teks tanggapan deskriptif secara  lisan dan tulis.
4.1.2   Menyunting teks tanggapan deskriptif secara  lisan dan tulis.
4.1.3   Membaca hasil suntingan teks tanggapan deskriptif.

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I
1.      Menjelaskan struktur teks dan ciri umum teks deskripsi dari segi isi dan  
     tujuan komunikasi dengan penuh tanggung jawab
2.      Menuliskanciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan (kata umum, kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi pada teks yang didengar dan dibacadengan semangat kerja sama
 3.  Menyimpulkan isi teks deskripsi pada teks yang dibaca dengan penuh    percaya diri.

Pertemuan II
1.   Membuat karangan teks tanggap deskriptif secara berkelompok dengan semangat kerja sama.
2.   Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca dengan santun dan penuh tanggung jawab.
3.   Menggambarkan suatu objek secara deskriptif teks sesuai kaidah secara mandiri dengan kreatif dan penuh tanggung jawab.

Fokus Penguatan Karakter : Tanggung jawab, kerja sama, percaya diri, santun, kreatif.

D.   Materi Pembelajaran

·         Materi Pertemuan I
1.         Pengertian teks tanggapan deskriptif
2.         Contoh teks deskriptif (terlampir)
3.         Struktur teks tanggapan deskriptif
4.         Unsur basa teks tanggapan deskriptif
·         Materi Pertemuan II
1.  Cakupan isi teks deskriptif
2.       Pemahaman teks deskriptif
3.       Contoh pola penggambaran isi teks deskriptif

E. Metode Pembelajaran    

1.          Pendekatan saintifik/Kontekstual 
-            Mengamati
-            Menanya
-            Mengumpulkan
-            Mengasosiasi
-            Mengkomunikasikan
2.         Discovery learning

F. Model  : Pembelajaran berbasis teks.
-          Membangun konteks (kegiatan awal)
-          Pemodelan teks (mengamati)
-          Bekerja kelompok
-          Bekerja individu
-           
G. Teknik Pembelajaran  :
           -  Ceramah
            -  Tanya jawab,
            -  Diskusi
            -  Praktek
            -  Pemberian tugas.

H. Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media:
·         Contoh teks dekriptif berjudul “Gunung Bromo”. (terlampir)
·         Penayangan materi pembelajaran menggunakan media audio visual.
2.         Alat:
·         Laptop dan LCD
·         Poster bergambar objek
·         Lembar kerja Siswa
3.        Sumber Belajar:
·         Hadi, Samsul dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·         Ismukaca. 2014. Mumpuni Basa Jawa 1. Surabaya. Nilam Media
·         Kamus Pepak Basa Jawa
·         Majalah Bahasa Jawa (Penjebar Semangat, Jaya Baya)
·         Media Informasi berbasis Internet
                                   
I.       KKM : 75

J.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan I

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·      Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, mengabsen kehadiran dan siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan paragaraf deskripsi
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai teks deskripsi  dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya diskripsi suasana rumah ketika pagi hingga malam hari.
·      Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat materi belajar  teks deskripsi .
·      Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·      Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Semua peserta didik yang tergabung dalam kelompok membaca (memahami) teks tanggapan deskriptif yang diberikan guru  dengan penuh tanggung jawab.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik bertanya tentang teknik  menyunting teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan penuh percaya diri.
·         Peserta didik bertanya tentang teknik  menanggapi hasil suuntingan teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan santun.
3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan tentang konsep  menyunting  dan menanggapi hasil suntingan teks paragraf deskripsi yang telah dibaca dengan berbahasa Jawa yang santun.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menyunting  teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan kelompok masing-masing dengan penuh tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik memehami cara menyunting teks tanggap deskriptif, dan salah satu perwakilan kelompok maju menyampaikan hasil suntingan kelompok mereka di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan konsep menyunting  dan menanggapi hasil suntingan teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang model, dan struktur teks tanggap deskriptif dengan kreatif dan penuh tanggung jawab.
·         Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran, dengan pemberian tugas membuat mencari satu gambar objek (tempat wisata, benda, foto teman, dsb) dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit


Pertemuan II

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·      Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, siswa dikondisikan untuk siap belajar dengan paragaraf deskripsi
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai pembelajaran  teks deskripsi  pada pertemuan sebelumnya.
·      Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat materi belajar  teks deskripsi .
·      Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Semua peserta didik secara individu bersama-sama memahami teks tanggap deskriptif hasil tugas pertemuan sebelumnya dengan penuh tanggung jawab.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik bertanya tentang teknik menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan santun dan percaya diri.
3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·         Peserta didik mencari konsep  tentang teknik menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan santun dan tanggung jawab.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menulis (membuat) teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri (kerja mandiri) dengan penuh tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik memehami cara menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri. Guru menunjuk salah satu peserta didik untuk maju menyampaikan hasil suntingan kelompok mereka di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan  cara menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab dan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang  cara menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit

Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap  dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
a.      Instrumen jurnal
Contoh:


Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1


·          







Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.





2
dst.




3. Penilaian Pengetahuan
a. Teknik Penilaian : Tes tulis
b. Bentuk Instrumen : Soal Uraian (P1)
c. Kisi-kisi
No.
Indikator
Butir Instrumen
Butir Penilaian

  1.  
Menjelaskan struktur pada teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
P1


  1.  
Menentukan ciri bahasa (jenis tembung) pada teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
P1


  1.  
Menentukan ciri bahasa (unggah-ungguh basa) pada teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
P1


  1.  
Menyimpulkan isi teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
P1


  1.  
Menyunting bahasa pada teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
P1


  1.  
Menyimpulkan pesan moral tembang macapat Dhandhanggula.
P1


   d. Instrumen Penilaian : Lampiran 2

4. Penilaian Keterampilan
a.    Teknik Penilaian  : Praktek, Produk
b.    Bentuk Instrumen : Lembar pengamatan unjuk kerja (P1), pengamatan produk (P2)
c.    Kisi-kisi

No.
Keterampilan
Butir Instrumen
Butir Penilaian
1
Membubat teks tanggap deskriptif tentang sesuatu yang ada di lingkungannya (kontekstual)
P1

2
Meyampaikan hasil pekerjaan teks tanggap deskripsi di depan kelas menggunakan bahasa Jawa
P2

      
d.
Instrumen Penilaian : Lampiran 2


                                                                                                   Mojokerto,  16 juli 2019
       Mengetahui,
       Kepala Sekolah                                                                   Guru Bahasa Jawa

                                                                                                  



Lampiran 1
Materi Pembelajaran
1.         Modhel teks tanggap deskriptif
Simaken tuladha teks tanggap deskriptif kanthi tema papan pariwisata ing ngisor iki!
2.        Struktur teks tanggap deskriptif
3.        Unsur basa teks tanggap deskriptif
a.      Jinise Tembung
1.      Tembung aran yaiku jeneng samubarang kang maujud lan ora maujud. Kang maujud tuladhane: kursi, buku, meja, negara. Kang ora maujud tuladha: pangarsa, kapinteran, kagungan, pikiran, kawruh, agama, lsp.
2.       Tembung kriya yaiku tembung kang mratelake solah bawa utawa pagawean. Tuladha: disaponi, nyapu, nuthuk, kokthuthuk, disamber, nyamber, lsp.
3.      Tembuung kahanan yaiku tembung kang mratelakake kahanan utawa sipat samubarang kayata sugih, kuru, lemu, sabar, nesu, dhuwur, cendhek, lsp.
4.       Tembung sesulih yaiku tembung kang dadi sesulih utawa gantine samubarang. Tuladha: aku, kowe, dheweke (diarani tb. Sesulih purusa/ wong). Tuladha: -ku, -mu, -e (diarani tb. Sesulih darbe). Tuladha: sapa, apa, pira, kapan (diarani tb. Sesulih pitakon). Tuladha: iki, iku, kene, kana, lsp (diarani tb. Sesulih panudhuh).
5.       Tembung wilangan yaiku tembung kang mratelakake cacah. Tuladha: sithik, akeh, siji, loro kapisan, lsp.
6.      Tembung ancer-ancer yaiku tembung kang mratelakake panggonan utawa dunung. Tuladha: ing, marang, saka, katur, lsp.
7.      Tembung panggenah/ tetenger yaiku tembung kang nyandhangi barang kang wis genah ana. Tuladha: Si, Raden, Kanjeng, Paman, lsp.
8.      Tembung katranganyaiku tembung kang nerangake tembung kriya utawa kahanan. Tuladha: banter, mesthi, tansah, biasane, durung, wingi sore, lsp.
9.      Tembung pangiket yaiku tembung kang ngiket utawa nggandhengake tembung siji lan sijine utawa ukara siji lan sijine. Tuladha: lan, sarta, saha, tuwin, miwah, sarehne, sabab, nanging, utawa, dene, ewadene, amarga, jalaran, lsp.
10.  Tembung panguwuh yaiku tembung kang mratelakake panguwuh utawa sambat. Tuladhane: adhuh, tobat-tobat, wah, lo, lah, hemm, lsp.

b.        Unggah-Ungguh Basa Jawa
·         Ngoko lugu : tembung kang digunakake ngoko kabeh, digunakake kanggo wong sing akrab.
·         Ngoko alus : tembunge campuran karma lan ngoko,kanggo wong akrab kang dikurmati
·         Krama lugu: tembunge karma ugu kabeh, digunakake kanggo awake dhewe nalika Ngomong karo wong kangdikurmati
·         Krama alus tembunge karma kabeh kanggo ngomong marang kang wus tuwa lan wong kang dikurmati.






Lampiran 2
Instrumen Penilaian
Lembar Pengamatan sikap spiritual dan Sosial
No.
Nama
Siswa
Indikator dan skor
Terbiasa berdoa kepada Tuhan YME
Terbiasa menggunakan bahasa Jawa
Menerapkan tata krama
Jujur dalam menjawab pertanyaan
Bertanggung jawab terhadap tugas
Menghargai pendapat orang lain
1   2   3   4
 1  2  3  4
 1   2   3   4
 1   2   3   4
1   2   3   4
 1   2   3   4
1.







2.







3.







4.







5.








Pedoman Penilaian
Berikan nilai pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengan kriteria sebagi berikut:
1.        Tidak melakukan sesuai tuntutan indikator
2.        Kadang-kadang melakukan sesuai tuntutan indikator
3.        Sering melakukan sesuai tuntutan indikator
4.        Selalu melakukan sesuai tuntutan indikator
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik







Lampiran 3
Lembar Pemgetahuan
                                                                                Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................
1.      Pitakon ing ngisor iki wangsulana!
a.       Apa kang dadi bakune paragraph deskripsi kang wus diwacakake mau?
b.      Kepriye pangripta anggone ngolah basa sajrone deskripsi kang wus diwacakake?
c.       Apa kang narik kawigatenmu  saka pargraf  kang wus diwacakake? Tuduhna perangan sing nyengkuyung panemumu!
d.      Kepriye amanat sajrone deskripsi kang wus diwacakake? Tuduhna endi kang ngemu amanat!
2.      Coba alih tulisna paragraph deskripsi kang wus diwaca nganggo basamu!
...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3.      Saka geguritan kang wus diwaca kancamu, golekana tembung kang angel, banjur kira-kiranen teges saka tembung kasebut!
...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................      
b. Evaluasi Kognitif
    Bentuk alat evaluasi  sesuai dengan kebutuhan: tes tertulis, tes lisan, tes produk

c. Evalusai Psikomotor
    Bentuk alat evaluasi : tes kinerja, tes  produk, dll
(1)  Gawea karangan gancaran kanthi tema “Cinta Lingkungan”!

No.
Nama
Mengarang paragraf deskripsi

Butir Soal C1
Diksi
Kalimat
Isi
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































(2)   Wacanen gancaran karanganmu ana ngarep kelas!



Nama
Membaca Ekspresif Paragraf Deskripsi

Butir Soal C2
Intonasi
Ekspresi
Gesture/Gerak
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















































































































Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik

0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads