RPP BAHASA JAWA
KELAS 7 - KD I - TEKS TANGGAPAN DHSKRIPTIF
SEMESTER GANJIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode
Pembelajaran
d. Instrumen Penilaian : Lampiran 2
KELAS 7 - KD I - TEKS TANGGAPAN DHSKRIPTIF
SEMESTER GANJIL
|
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri ……………..
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi
Pokok : Teks
Tanggapan
Deskriptif
Alokasi
Waktu : 2 pertemuan (2jp)
______________________________________________________________________
A.
Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3.1 Memahami teks hasil
observasi, tanggapan deskriptif, dan eksposisi dalam bentuk informasi atau
berita secara lisan dan tulis.
|
3.1.1 Menjelaskan struktur teks tanggapan deskriptif secara
lisan dan tulis
3.1.2 Menentukan ciri bahasa teks tanggapan deskriptif secara
lisan dan tulis
3.1.3 Menyimpulkan isi teks tanggapan deskriptif secara
lisan dan tulis
|
4.1 Menelaah dan menyunting teks hasil observasi,
tanggapan deskriptif, dan eksposisi dalam bentuk informasi atau berita
secara lisan dan tulis
|
4.1.1 Menelaah
teks tanggapan deskriptif secara lisan
dan tulis.
4.1.2 Menyunting teks tanggapan deskriptif secara
lisan dan tulis.
4.1.3 Membaca hasil suntingan teks tanggapan
deskriptif.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Menjelaskan struktur teks dan ciri umum teks deskripsi dari segi isi
dan
tujuan komunikasi dengan penuh tanggung jawab
2.
Menuliskanciri teks deskripsi dari aspek kebahasaan (kata umum,
kata khusus, kalimat perincian, kata sifat, majas) teks deskripsi pada teks yang
didengar dan dibacadengan semangat kerja
sama
3. Menyimpulkan isi teks deskripsi pada teks
yang dibaca dengan penuh percaya diri.
Pertemuan II
1.
Membuat karangan teks tanggap deskriptif secara berkelompok dengan semangat
kerja sama.
2.
Menjawab pertanyaan isi teks deskripsi yang dibaca dengan santun dan penuh tanggung jawab.
3.
Menggambarkan suatu objek secara deskriptif teks sesuai kaidah secara
mandiri dengan kreatif dan penuh tanggung
jawab.
Fokus
Penguatan Karakter : Tanggung jawab, kerja sama, percaya diri, santun, kreatif.
D. Materi Pembelajaran
·
Materi Pertemuan I
1.
Pengertian teks tanggapan deskriptif
2.
Contoh teks deskriptif (terlampir)
3.
Struktur teks
tanggapan
deskriptif
4.
Unsur basa teks
tanggapan
deskriptif
·
Materi Pertemuan II
1. Cakupan isi teks deskriptif
2.
Pemahaman
teks deskriptif
3.
Contoh pola penggambaran
isi teks deskriptif
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan saintifik/Kontekstual
-
Mengamati
-
Menanya
-
Mengumpulkan
-
Mengasosiasi
-
Mengkomunikasikan
2.
Discovery learning
F.
Model : Pembelajaran berbasis teks.
-
Membangun konteks (kegiatan awal)
-
Pemodelan teks (mengamati)
-
Bekerja kelompok
-
Bekerja individu
-
G.
Teknik Pembelajaran :
-
Ceramah
-
Tanya jawab,
- Diskusi
- Praktek
-
Pemberian tugas.
H. Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
·
Contoh teks dekriptif berjudul “Gunung Bromo”.
(terlampir)
·
Penayangan
materi pembelajaran menggunakan media audio visual.
2.
Alat:
·
Laptop dan LCD
·
Poster bergambar
objek
·
Lembar kerja
Siswa
3.
Sumber Belajar:
·
Hadi, Samsul
dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya.
Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·
Ismukaca. 2014. Mumpuni
Basa Jawa 1. Surabaya. Nilam Media
·
Kamus Pepak Basa
Jawa
·
Majalah Bahasa
Jawa (Penjebar Semangat, Jaya Baya)
·
Media Informasi
berbasis Internet
I.
KKM
: 75
J.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, mengabsen kehadiran dan siswa dikondisikan untuk
siap belajar dengan paragaraf deskripsi
· Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
jawab kepada siswa mengenai teks deskripsi
dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya diskripsi suasana rumah ketika
pagi hingga malam hari.
· Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai manfaat materi belajar teks deskripsi .
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
· Guru menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilakukan dan
tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1. Mengamati
·
Semua peserta
didik yang tergabung dalam kelompok membaca (memahami) teks tanggapan deskriptif yang diberikan guru dengan penuh tanggung jawab.
2. Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik bertanya tentang teknik
menyunting teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan penuh percaya diri.
·
Peserta didik bertanya tentang teknik
menanggapi hasil suuntingan teks paragraf deskripsi berbahasa
Jawa dengan santun.
3. Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan
tentang konsep menyunting dan menanggapi hasil suntingan teks paragraf deskripsi yang telah dibaca dengan berbahasa Jawa
yang santun.
4. Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·
Peserta didik menyunting
teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan kelompok
masing-masing dengan penuh
tanggung jawab.
5. Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·
Peserta didik
memehami cara menyunting teks tanggap
deskriptif, dan salah satu perwakilan kelompok maju menyampaikan hasil
suntingan kelompok mereka di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggung
jawab.
|
40 menit
|
Evaluasi
|
·
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru yang berkaitan dengan konsep menyunting dan menanggapi
hasil suntingan teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan santun.
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
tentang model,
dan struktur teks tanggap
deskriptif dengan kreatif dan penuh tanggung jawab.
·
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran, dengan pemberian tugas membuat mencari satu
gambar objek (tempat wisata, benda, foto teman, dsb) dengan penuh tanggung jawab.
·
Guru mengajak peserta didik
mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·
Guru mengucap salam penutup.
|
5 menit
|
Pertemuan II
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, siswa dikondisikan untuk
siap belajar dengan paragaraf deskripsi
· Guru melakukan apersepsi dengan bertanya
jawab kepada siswa mengenai pembelajaran
teks deskripsi pada pertemuan
sebelumnya.
· Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai manfaat materi belajar teks deskripsi .
· Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
Guru
menyampaikan materi pembelajaran yang akan dilakukan dan
tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan
inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
1. Mengamati
·
Semua peserta didik
secara individu bersama-sama memahami teks tanggap deskriptif hasil tugas
pertemuan sebelumnya dengan
penuh tanggung jawab.
2. Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik bertanya tentang teknik menulis teks
paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan santun dan percaya diri.
3. Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·
Peserta didik
mencari konsep tentang teknik menulis teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa
secara mandiri dengan santun
dan tanggung jawab.
4. Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·
Peserta didik menulis (membuat) teks paragraf deskripsi
berbahasa Jawa secara mandiri (kerja
mandiri) dengan penuh tanggung jawab.
5. Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·
Peserta didik
memehami cara menulis teks
paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri. Guru menunjuk salah satu
peserta didik untuk maju menyampaikan hasil suntingan kelompok mereka di
depan kelas dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
|
40 menit
|
Evaluasi
|
·
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru yang berkaitan dengan cara menulis
teks paragraf deskripsi berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab dan santun.
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
tentang cara menulis teks paragraf deskripsi
berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab.
·
Guru mengajak peserta didik
mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·
Guru mengucap salam penutup.
|
5 menit
|
Penilaian
1.
Teknik
Penilaian
a.
Penilaian
sikap dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal
Perkembangan Sikap Spiritual
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun
pelajaran : 2019/ 2020
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
·
|
|||
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama
Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun
pelajaran : 2019/ 2020
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
||||
2
|
dst.
|
3.
Penilaian Pengetahuan
a. Teknik
Penilaian : Tes tulis
b. Bentuk
Instrumen : Soal Uraian (P1)
c. Kisi-kisi
No.
|
Indikator
|
Butir Instrumen
|
Butir Penilaian
|
|
Menjelaskan struktur pada teks tanggap deskriptif
bahasa Jawa
|
P1
|
|
|
Menentukan ciri bahasa (jenis tembung) pada teks
tanggap deskriptif bahasa Jawa
|
P1
|
|
|
Menentukan ciri bahasa (unggah-ungguh basa) pada
teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
|
P1
|
|
|
Menyimpulkan isi teks tanggap deskriptif bahasa Jawa
|
P1
|
|
|
Menyunting bahasa pada teks tanggap deskriptif
bahasa Jawa
|
P1
|
|
|
Menyimpulkan pesan moral tembang macapat Dhandhanggula.
|
P1
|
d. Instrumen
Penilaian : Lampiran 2
4. Penilaian Keterampilan
a.
Teknik
Penilaian : Praktek, Produk
b.
Bentuk Instrumen
: Lembar pengamatan unjuk kerja (P1), pengamatan produk (P2)
c.
Kisi-kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir Instrumen
|
Butir Penilaian
|
1
|
Membubat teks tanggap deskriptif tentang sesuatu
yang ada di lingkungannya (kontekstual)
|
P1
|
|
2
|
Meyampaikan hasil pekerjaan teks tanggap deskripsi
di depan kelas menggunakan bahasa Jawa
|
P2
|
d. Instrumen Penilaian : Lampiran 2
Mojokerto, 16 juli 2019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
Lampiran 1
Materi Pembelajaran
1.
Modhel
teks tanggap deskriptif
Simaken tuladha teks tanggap
deskriptif kanthi tema papan pariwisata ing ngisor iki!
2.
Struktur
teks tanggap deskriptif
3.
Unsur
basa teks tanggap deskriptif
a.
Jinise
Tembung
1. Tembung aran yaiku jeneng samubarang kang maujud lan
ora maujud. Kang maujud tuladhane: kursi, buku, meja, negara. Kang ora maujud
tuladha: pangarsa, kapinteran, kagungan, pikiran, kawruh, agama, lsp.
2.
Tembung
kriya yaiku tembung kang mratelake solah bawa utawa pagawean. Tuladha:
disaponi, nyapu, nuthuk, kokthuthuk, disamber, nyamber, lsp.
3.
Tembuung
kahanan yaiku tembung kang mratelakake kahanan utawa sipat samubarang kayata
sugih, kuru, lemu, sabar, nesu, dhuwur, cendhek, lsp.
4.
Tembung
sesulih yaiku tembung kang dadi sesulih utawa gantine samubarang. Tuladha: aku,
kowe, dheweke (diarani tb. Sesulih purusa/ wong). Tuladha: -ku, -mu, -e
(diarani tb. Sesulih darbe). Tuladha: sapa, apa, pira, kapan (diarani tb.
Sesulih pitakon). Tuladha: iki, iku, kene, kana, lsp (diarani tb. Sesulih
panudhuh).
5.
Tembung
wilangan yaiku tembung kang mratelakake cacah. Tuladha: sithik, akeh, siji, loro
kapisan, lsp.
6.
Tembung
ancer-ancer yaiku tembung kang mratelakake panggonan utawa dunung. Tuladha:
ing, marang, saka, katur, lsp.
7.
Tembung
panggenah/ tetenger yaiku tembung kang nyandhangi barang kang wis genah ana.
Tuladha: Si, Raden, Kanjeng, Paman, lsp.
8.
Tembung
katranganyaiku tembung kang nerangake tembung kriya utawa kahanan. Tuladha:
banter, mesthi, tansah, biasane, durung, wingi sore, lsp.
9.
Tembung
pangiket yaiku tembung kang ngiket utawa nggandhengake tembung siji lan sijine
utawa ukara siji lan sijine. Tuladha: lan, sarta, saha, tuwin, miwah, sarehne,
sabab, nanging, utawa, dene, ewadene, amarga, jalaran, lsp.
10.
Tembung
panguwuh yaiku tembung kang mratelakake panguwuh utawa sambat. Tuladhane:
adhuh, tobat-tobat, wah, lo, lah, hemm, lsp.
b.
Unggah-Ungguh Basa Jawa
·
Ngoko lugu : tembung
kang digunakake ngoko kabeh, digunakake kanggo wong sing akrab.
·
Ngoko alus : tembunge campuran karma lan ngoko,kanggo wong akrab kang dikurmati
·
Krama lugu: tembunge karma ugu kabeh, digunakake kanggo awake dhewe nalika Ngomong
karo wong kangdikurmati
·
Krama alus tembunge karma kabeh
kanggo ngomong marang kang wus tuwa lan wong kang dikurmati.
Lampiran 2
Instrumen
Penilaian
Lembar Pengamatan sikap spiritual
dan Sosial
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator
dan skor
|
|||||
Terbiasa
berdoa kepada Tuhan YME
|
Terbiasa
menggunakan bahasa Jawa
|
Menerapkan
tata krama
|
Jujur dalam menjawab pertanyaan
|
Bertanggung
jawab terhadap tugas
|
Menghargai
pendapat orang lain
|
||
1 2
3 4
|
1
2 3 4
|
1
2 3 4
|
1
2 3 4
|
1 2
3 4
|
1
2 3 4
|
||
1.
|
|||||||
2.
|
|||||||
3.
|
|||||||
4.
|
|||||||
5.
|
Pedoman
Penilaian
Berikan nilai pada kolom yang
sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama
pembelajaran dengan kriteria sebagi berikut:
1.
Tidak melakukan
sesuai tuntutan indikator
2.
Kadang-kadang
melakukan sesuai tuntutan indikator
3.
Sering melakukan
sesuai tuntutan indikator
4.
Selalu melakukan
sesuai tuntutan indikator
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup,
4. baik, 5. amat baik
Lampiran 3
Lembar Pemgetahuan
Nama :
.............................
Kelas/No
absen : ................
1. Pitakon
ing ngisor iki wangsulana!
a.
Apa kang dadi
bakune paragraph deskripsi kang wus diwacakake mau?
b. Kepriye
pangripta anggone ngolah basa sajrone deskripsi kang wus diwacakake?
c. Apa
kang narik kawigatenmu saka pargraf kang wus diwacakake? Tuduhna perangan sing
nyengkuyung panemumu!
d. Kepriye
amanat sajrone deskripsi kang wus diwacakake? Tuduhna endi kang ngemu amanat!
2.
Coba alih
tulisna paragraph deskripsi kang wus diwaca nganggo basamu!
...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
3. Saka
geguritan kang wus diwaca kancamu, golekana tembung kang angel, banjur
kira-kiranen teges saka tembung kasebut!
...............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
..............................................................................................................................................
b.
Evaluasi Kognitif
Bentuk alat evaluasi sesuai dengan kebutuhan: tes tertulis, tes
lisan, tes produk
c.
Evalusai Psikomotor
Bentuk alat evaluasi : tes kinerja,
tes produk, dll
(1) Gawea karangan gancaran kanthi tema “Cinta
Lingkungan”!
No.
|
Nama
|
Mengarang
paragraf deskripsi
|
Butir Soal C1
|
|||||||||||||||
Diksi
|
Kalimat
|
Isi
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
(2) Wacanen gancaran
karanganmu ana ngarep kelas!
Nama
|
Membaca
Ekspresif Paragraf Deskripsi
|
Butir Soal C2
|
||||||||||||||||
Intonasi
|
Ekspresi
|
Gesture/Gerak
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
Rubrik/
Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik
0 comments:
Post a Comment