Tuesday 27 August 2019

RPP Bahasa Jawa Kelas 9 - Laporan Observasi

Posted by ilmu dasar kehidupan On 21:03 | No comments
RPP BAHASA JAWA
KELAS 9 - KD 1 - LAPORAN OBSERVASI
SEMESTER GANJIL


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 1)


Satuan Pendidikan      :           SMP Negeri ……
Mata Pelajaran            :           Bahasa Jawa
Kelas/Semester            :           IX/Semester Ganjil
Materi Pokok              :           Teks Hasil Observasi
Alokasi Waktu            :           2 Pertemuan (2JP)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (Diambil dari Silabus)
NO.
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
KI 3
3.1  Memahami teks hasil observasi dalam bentuk laporan
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks laporan hasil observasi.
3.1.2 Menganalisis struktur teks laporan hasil observasi.
3.1.3 Mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
3.1.4 Menjelaskan isi teks laporan hasil observasi.
KI 4
4.1 Menyusun teks hasil observa-si dalam bentuk laporan.
4.1.1 Membuat kerangka teks laporan hasil observasi.
4.1.2 Mengembang kan kerangka menjadi  laporan hasil observasi.
4.1.3 Mengomentari karya temannya.

C. Tujuan Pembelajaran
Pengetahuan (Kognitif)
1.       Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menjelaskan struktur Teks Observas “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”dengan tepat
2.       Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menentukan unsur kebahasaan dalam Teks Observas “Pencemaran ing DAS Kali Brantas” dengan benar.
3.       Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menyimpulkan isi Teks Observas “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”.
4.       Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menyimpulkan pesan moral yang ada
Keterampilan
1.    Setelah belajar tentang isi teks, peserta didik dapat menanggapi isi teks observasi“Pencemaran ing DAS Kali Brantas” dalam bentuk tulisan sesuai  kaidah dengan bahasa Jawa yang baik dan benar.
2.    Setelah belajar tentang isi teks, peserta didik dapat membaca hasil tanggapan teks observasi“Pencemaran ing DAS Kali Brantas” secara lisan dengan menggunakan bahasa yang santun.
3.    Setelah belajar tentang pesan moral dalam teks, peserta didik dapat merelevansikan pesan moral teks observasidengan kehidupan sehari-hari.



D. Materi Pembelajaran
1.      Teks Hasil Laporan Observasi
2.      Struktur Teks Hasil Laporan Observasi
3.      Ciri Bahasa Teks Hasil Laporan Observasi
4.      Isi Teks Hasil Laporan Observasi
5.      Kerangka Dasar Teks Hasil Laporan Observasi
6.      Kesantunan berbahasa Jawa biasa menggunakan bahasa sesuai dengan tata krama/unggah - ungguh yang berlaku dalam bertanya jawab dan menyampaikan pendapat.

E. Metode
1.    Pendekatan : Saintifik
·         Mengamati
·         Menanya
·         Mengumpulkan
·         Mengasosiasi
·         Mengkomunikasikan
2.      Model : Pembelajaran berbasis teks
·         Membangun konteks (kegiatan awal)
·         Pemodelan teks (mengamati)
·         Bekerja kelompok
·         Bekerja individu
3.    Metode                   : Saintifik dan Discoveri Leraning (DL)
4.    Teknik                    : Praktek

F. KKM :
KKM  Bahasa Dhaerah 75
G. Media, alat ,dan Bahan pembelajaran
1.      Media

·         Contoh Teks laporan yang berjudul  Pencemaran ing DAS Kali Brantas (terlampir).
·         LCD (penayang), laptop, pelantang
·         Kertas HVS


H.  Sumber Pembelajaran
·         Hadi, Samsul dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·         Kamus Pepak Basa Jawa
·         Majalah Bahasa Jawa (Penjebar Semangat, Jaya Baya)
·         Berbasis ICT / Internet
Anak mencari contoh teks observasidari internet
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1)      Guru mengondisikan suasana belajar. (memberi salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2)      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks teks observasiyang berjudulPencemaran ing DAS Kali Brantas dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mendeskripsikan suasana di sekolah ketika pelaksanaan upacara  hari senin dan penayangan vedio objek wisata.
3)      Guru memberi motivasi kepada peserta didik mengenai  manfaat belajar  teks teks observasi dalam kehidupan sehari-hari seperti.
4)      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan  cakupan materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
 10 menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 1:
1)      Peserta didik Peserta didik membaca teks laporan hasil observasi dengan penuh tanggung jawab.
2)      Peserta didik menanyakan ciri umum teks laporan hasil observasi yang diamatinya dengan percaya diri.
3)      Peserta didik  berkelompok  sesuai dengan jenis hobinya kemudian menerima lembar kerja dari guru.
4)      Peserta didik  dalam kelompok membaca contoh teks observasi yang berjudul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas” kemudian berdiskusi mengerjakan LK dari guru  untuk mendaftar ciri umum , tujuan , jenis, dan ciri kebahasaan teks deskripsi sesuai lembar kerja yang diterimanya  dengan penuh percaya diri.
5)      Peserta didik dalam kelompok menggali informasi ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks observasi yang berjudul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”dari berbagai sumber  untuk mengerjakan LK yang diberikan guru  dengan penuh tanggung jawab.
6)      Peserta didik dalam kelompok  mendiskusikan  ciri umum teks observasi, tujuan, jenis teks observasi, dan ciri kebahasaan teks observasi dalam bentuk peta pikiran atau mind map dengan penuh tanggung jawab sedangkan guru melakukan observasi untuk penilaian.
7)      Peserta didik menyimpulkan ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks observasi dengan penuh tanggung jawab.
8)      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian dikomentari oleh kelompok lain dengan santun.
Peserta didik penampil baik dengan jawaban benar mendapatkan kartu point nilai dari guru.
Pertemuan 2:
 40 menit
Penutup
1.      Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran terkait ciri umum, tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks observasi.
2.      Guru memberikan umpan balik dan refleksi ciri umum, tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks observasi ke peserta didik.
3.      Guru memberikan  tugas mencari contoh teks observasi di majalah, koran, atau di buku.
  1. Guru memberikan tindak lanjut tentang kegiatan pembelajaran berikutnya.
10 menit

Pertemuan 2: ditambah dengan mengamati dan menanya
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
1. Guru mengondisikan suasana belajar. (memberi salam kepada siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks teks observasiyang berjudulPencemaran ing DAS Kali Brantas dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mendeskripsikan suasana di sekolah ketika pelaksanaan upacara  hari senin dan penayangan vedio objek wisata.
3.Guru memberi motivasi kepada peserta didik mengenai  manfaat belajar  teks teks observasi dalam kehidupan sehari-hari seperti.
4.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan  cakupan materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
 10 menit
Kegiatan Inti
Pertemuan 2:
1)      Peserta didik  berkelompok sesuai dengan jenis hobi.
2)      Peserta didik dalam kelompok membaca  contoh teks observasi yang diberikan guru  dengan penuh tanggung jawab.
3)      Peserta didik dengan bimbingan guru bertanya jawab mengenai isi teks observasi  dalam kelompok dengan penuh percaya diri.
4)      Peserta didik bertanya jawab mengenai  cara memahami teks observasi dalam kelompok secara jujur.
10) Peserta didik dalam kelompok mendiskusikan
isi cerita observasi yang berjudulPencemaran ing DAS Kali Brantas yang dibacanya dengan penuh tanggung jawab.
11) Peserta didik dalam kelompok memetakan  isi
teks observasi  yang dibaca pada LK yang
diberikan guru dengan kreatif..
12) Peserta didik dalam kelompok diskusi
membandingkan isi beberapa teks observasi
sesuai LK yang diberikan guru dengan kritis.
13) Peserta didik menjawab pertanyaan bacaan
untuk menentukan isi teks observasi dalam
kelompok  dengan penuh percaya diri.
9)           Peserta didik mempresentasikan  hasil diskusi kelompok  untuk  ditanggapi kelompok lain dengan santun sementara guru melakukan  penilaian  proses.


 40 menit
Penutup
10)       Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran mengenai pemahaman isi teks observasi.
11)       Guru memberikan umpan balik dan refleksi mengenai isi teks observasi.
12)       Guru memberikan tugas membaca  teks dan menemukan isi dalam teks observasi yang dibaca.
10 menit


I. Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap  dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.     Instrumen Penilaian
a.      Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : IX/Satu
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1
22/02/17
Enggar
·         Mengucap syukur karena dapat mengerjakan tugasnya dengan benar
Spiritual
(bersyukur)


Dst



Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : IX/Satu
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.


Aulia
·    menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks deskripsi.
peduli
2
dst.





b.     Instrumen Penilaian Tes Tertulis
 1) Kisi-kisi tes tulis

No KD
Materi
Indikator soal
Level kognitif
No soal
1
2
3
3.1
Ciri umum teks deskripsi
Disajikan teks deskripsi, siswa dapat menuliskan ciri umum teks deskripsi
Ö


1

Jenis teks
Disajikan teks deskripsi siswa dapat mendata  jenis teks deskripsi

Ö

2

Ciri kebahasaan
Disajikan teks deskripsi, siswa dapat mendaftar ciri kabahasaan  teks deskripsi

Ö

3
4.1
Isi teks deskrpsi
Disajikan kutipan teks diskripsi siswa dapat menentukan isi teks dengan  tepat


Ö
4

Memetakan teks
Disajikan ilustrasi teks deskripsi siswa dapat memetakan teks  deskripsi sesuai jenisnya


Ö
5


LEMBAR PENGAMATAN DIRI
No
Sikap atau Nilai
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Perntanyaan

1.1  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional
1.1.1        Berdoa sebelum memulai dan sesudah kegiatan belajar bahasa daerah.
1.1.2        Menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan tata krama.








2.2  Memiliki perilaku percaya diri dan tanggungjawab atas  karya budaya masyarakat daerah yang pebuh makna
2.2.1        Bertanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi terhadap  struktur teks  wayang.
2.2.2        Santun dalam menyajikan tanggapan pribadi terhadap struktur teks  wayang.



LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
1
Menjelaskan struktur teks observasidengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas


2
Mengidentifikasi unsure kebahasaan dalam teks observasi dengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas


3
Mengidentifikasi karakter masing-masing tokoh dalam teks observasidengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas


4
Menjelaskan pesan moral cerita pendekdengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas


Tes lisan:
Menilai praktik  menceritakanteks observasipeserta didik dengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas



                                                                                                   Mojokerto,  16 Juli 2019
       Mengetahui,
       Kepala Sekolah                                                                   Guru Bahasa Jawa


       …………..                                                                         
       Nip. ……….                                                                      

      
Lampiran 1
Instrumen Penilaian
Lembar Pengamatan sikap spiritual dan Sosial
No.
Nama
Siswa
Indikator dan skor
Terbiasa berdoa kepada Tuhan YME
Terbiasa menggunakan bahasa Jawa
Menerapkan tata krama
Jujur dalam menjawab pertanyaan
Bertanggung jawab terhadap tugas
Menghargai pendapat orang lain
1   2   3   4
 1  2  3  4
 1   2   3   4
 1   2   3   4
1   2   3   4
 1   2   3   4
1.







2.







3.







4.







5.








Pedoman Penilaian
Berikan nilai pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik selama pembelajaran dengan kriteria sebagi berikut:
1.        Tidak melakukan sesuai tuntutan indikator
2.        Kadang-kadang melakukan sesuai tuntutan indikator
3.        Sering melakukan sesuai tuntutan indikator
4.        Selalu melakukan sesuai tuntutan indikator
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik
Lampiran 01
Lembar Pemgetahuan



Instrumen  Tes Tertulis
Soal untuk KD: 3.1
Teks Observasi
Wacan ing ngisor iki wacanen kang titi!
Pencemaran ing DAS Kali Brantas
            Kahanan ing daerah aliran sungai (DAS) kali Brantas wiwit saka hulu nganti hilir saya nguwatirake. Karusakan ing sadawane kali Brantas kang klebu kali utama ing Jawa Timur kasebut bisa ngancem panguripan 14 yuta warga Jawa Timur. Pratelan iki dicathet dening sawijining Organisasi Pecinta Lingkungan “ Sahabat Sungai Indonesia” sadurunge nindakake panliten ing kali Brantas saka Malang nganti tekan Surabaya ing dina setu, 13 April 2013. Kegiyatan nyusur kali brantas kang suwene nem dina nganti 18 April 2013 kasebut ditindakake ing sadawane kali. Kegiyatan nyusur kali iki kanggo ngematake kahanane banyu kali lan resepane ing sakiwa tengene kali Brantas. Para Sahabat Sungai indonesia nindakake panliten iki kanthi ancas kanggo mangerteni kahanane banyu lan karusakan-karusakan lingkungan ing sadawane DAS kali Brantas.
            Saka panliten sing wis ditindakake Sahabat Sungai Indonesia,pranyata akeh ,sumber banyu kang ilang saka Dhaerah Aliran Sungai Brantas.”Kahanan DASBrantas saya nguwatirake wiwit saka hulu nganti tekan hilir. Ing tlatah hulu yaiku ing kutha Batu kecathet  saya akeh sumber banyu kang ilang merga digawe sumber irigasi lan bahan baku ngombe kemasan. Ing tengah lan ing hilir wis dicemari dening lembah industri,”Mangkono pangendikane koordinator Sahabat Sungai Indonesia, Catur Nusantara ing Malang wektu kapungkur. Miturut mass Catur, ing tlatah tangkepan banyu DAS kali Brantas (gunung Wilis, Arjuna, Kelud, Welirang, lan Semeru kulon) wiwit taun 1998-2007 wis akeh kelangan sumber-sumber banyu.
            Ing kutha Batu sing dadi kawasan hulu saka kali brantas sumber-sumber banyune mung kari sethithik. Cacahe kari nyiysakake 58 sumber banyu saka 111 umber banyu kang ana sadurunge.”Yen sumber banyu kanggo ngombe lan irigasi terus kekikis, mula masyarakat bakal kangelan anggone golek banyu. Suwe-suwe masyarakat malih tuku banyu kanggo bisa oleh banyu, lan iki musibah,” mangkono andharane mas Catur. Saliyane babagan sumber banyu lan resepane, mas Catur ngandharake menawa DAS kali Brantas uga nandhang pencemaran kang mrihatinake banget. Ora mung limbah pomahan (rumah tangga) wae sing gawe pencemaran, ananging uga limba industri kang mapan ing sadawane kali Brantas. Sahabat Sungai Indoneia nyathet menawa ana 1.054 pabrik ingb sadawane kali brantas, 40 saka pabrik kasebut nduweni potensi ndadekake kali brantas tercemar amarga nduweni kapasitas limbah 330 ton saben dinane.
            Kahanan ing sakiwa tengene DAS kali Brantas gawe pengaruh uga tumprap kualitas banyu ing kali Brantas. Anton Nevenanto, Dhosen Soiologi Lingkungan Univdrsitas Brawijaya Malang kang melu nliti kali Brantas ngandharake, menawa perkembangan dharatan ing sakiwa tengene DAS kali Brantas uga nggawa engaruh tumprap kualitas banyu ing kali Brantas.Menawa daerah ing nduwur kali gundhul bakal dumadi erosi kang ndadekake sedimentasi ing jero kali. Sedimentasi iki nyata bakal nggagu iline banyu ora lancar bakal nyebabake dumadine banjir.
Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................
Soal kanggo KD 3.1
1.      Apa irah-irahan wacan sing wis kok waca ing ndhuwur?
2.      Andharake makna kata kang ana ing wacan ndhuwur!
3.      Andharake makna ungkapan kang kaandhut sajrone wacan!
4.      Isi kang kaandhut img sajrone wacan kuwi mau apa?
5.      Andharake isi sajrone wacan kasebut!
6.      Jelasake pesan moral kang kaandhut ing sajrone wacan kasebut!
b. Evaluasi Kognitif
    Bentuk alat evaluasi  sesuai dengan kebutuhan: tes tertulis, tes lisan, tes produk


c. Evalusai Psikomotor
    Bentuk alat evaluasi : tes kinerja, tes  produk, dll
(1)  Gawea palapuran observasi kanthi tema “Lingkungan”!

No.
Nama
Mengarang paragraf deskripsi

Butir Soal C1
Diksi
Kalimat
Isi
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































(2)   Wacanen gancaran karanganmu ana ngarep kelas!



Nama
Membaca Ekspresif Paragraf Deskripsi

Butir Soal C2
Intonasi
Ekspresi
Gesture/Gerak
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















































































































Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik


0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads