RPP BAHASA JAWA
KELAS 9 - KD 1 - LAPORAN OBSERVASI
SEMESTER GANJIL
KELAS 9 - KD 1 - LAPORAN OBSERVASI
SEMESTER GANJIL
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
1)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri ……
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas/Semester : IX/Semester
Ganjil
Materi
Pokok : Teks Hasil Observasi
Alokasi
Waktu : 2 Pertemuan (2JP)
A. Kompetensi
Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4. Mencoba, mengolah,
dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian
Kompetensi (Diambil dari Silabus)
NO.
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
KI 3
|
3.1
Memahami teks hasil observasi dalam bentuk laporan
|
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks laporan hasil
observasi.
3.1.2 Menganalisis struktur teks laporan hasil
observasi.
3.1.3 Mengidentifikasi ciri bahasa teks laporan
hasil observasi.
3.1.4 Menjelaskan isi teks laporan hasil
observasi.
|
KI 4
|
4.1 Menyusun teks hasil observa-si dalam bentuk
laporan.
|
4.1.1 Membuat kerangka teks laporan hasil
observasi.
4.1.2 Mengembang kan kerangka menjadi laporan hasil observasi.
4.1.3 Mengomentari karya temannya.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pengetahuan (Kognitif)
1. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta
didik dapat menjelaskan struktur Teks Observas “Pencemaran ing DAS Kali
Brantas”dengan tepat
2. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta
didik dapat menentukan unsur kebahasaan dalam Teks Observas “Pencemaran ing DAS
Kali Brantas” dengan benar.
3. Melalui kegiatan tanya jawab, peserta
didik dapat menyimpulkan isi Teks Observas “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”.
4.
Melalui
kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menyimpulkan pesan moral yang ada
Keterampilan
1.
Setelah
belajar tentang isi teks, peserta didik dapat menanggapi isi teks observasi“Pencemaran
ing DAS Kali Brantas” dalam bentuk tulisan sesuai kaidah dengan bahasa Jawa yang baik dan
benar.
2.
Setelah
belajar tentang isi teks, peserta didik dapat membaca hasil tanggapan teks
observasi“Pencemaran ing DAS Kali Brantas” secara lisan dengan menggunakan
bahasa yang santun.
3.
Setelah
belajar tentang pesan moral dalam teks, peserta didik dapat merelevansikan
pesan moral teks observasidengan kehidupan sehari-hari.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Teks
Hasil Laporan Observasi
2.
Struktur
Teks Hasil Laporan Observasi
3.
Ciri
Bahasa Teks Hasil Laporan Observasi
4.
Isi
Teks Hasil Laporan Observasi
5.
Kerangka
Dasar Teks Hasil Laporan Observasi
6.
Kesantunan
berbahasa Jawa biasa menggunakan bahasa sesuai dengan tata krama/unggah -
ungguh yang berlaku dalam bertanya jawab dan menyampaikan pendapat.
E. Metode
1.
Pendekatan : Saintifik
·
Mengamati
·
Menanya
·
Mengumpulkan
·
Mengasosiasi
·
Mengkomunikasikan
2. Model : Pembelajaran berbasis teks
·
Membangun konteks (kegiatan awal)
·
Pemodelan teks (mengamati)
·
Bekerja kelompok
·
Bekerja individu
3.
Metode : Saintifik
dan Discoveri Leraning (DL)
4.
Teknik : Praktek
F. KKM :
KKM Bahasa Dhaerah 75
G. Media,
alat ,dan Bahan pembelajaran
1.
Media
·
Contoh Teks laporan yang berjudul
“Pencemaran ing DAS Kali
Brantas” (terlampir).
·
LCD (penayang), laptop, pelantang
·
Kertas HVS
H. Sumber Pembelajaran
·
Hadi,
Samsul dkk.2014. Kirtya Basa.
Surabaya. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·
Kamus
Pepak Basa Jawa
·
Majalah
Bahasa Jawa (Penjebar Semangat, Jaya Baya)
·
Berbasis
ICT / Internet
Anak mencari contoh teks observasidari internet
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1) Guru mengondisikan suasana
belajar. (memberi salam kepada siswa,
berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2) Guru melakukan apersepsi
dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks teks observasiyang berjudul “Pencemaran ing DAS Kali
Brantas” dalam kehidupan
sehari-hari. Misalnya mendeskripsikan suasana di sekolah ketika pelaksanaan
upacara hari senin dan penayangan
vedio objek wisata.
3) Guru memberi motivasi
kepada peserta didik mengenai manfaat
belajar teks teks observasi dalam
kehidupan sehari-hari seperti.
4) Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan dicapai.
Guru
menyampaikan cakupan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pertemuan 1:
1)
Peserta didik Peserta didik
membaca teks laporan hasil observasi dengan penuh tanggung jawab.
2)
Peserta didik menanyakan
ciri umum teks laporan hasil observasi yang diamatinya dengan percaya diri.
3)
Peserta didik berkelompok
sesuai dengan jenis hobinya kemudian
menerima lembar kerja dari guru.
4)
Peserta didik dalam kelompok membaca contoh teks observasi yang berjudul “Pencemaran
ing DAS Kali Brantas” kemudian berdiskusi mengerjakan LK dari guru untuk mendaftar ciri umum , tujuan , jenis,
dan ciri kebahasaan teks deskripsi sesuai lembar kerja yang diterimanya dengan penuh percaya diri.
5)
Peserta didik dalam kelompok
menggali
informasi ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks observasi yang berjudul “Pencemaran
ing DAS Kali Brantas”dari berbagai sumber
untuk mengerjakan LK yang diberikan guru dengan penuh tanggung jawab.
6)
Peserta didik dalam
kelompok mendiskusikan ciri umum teks observasi, tujuan, jenis
teks observasi, dan ciri kebahasaan teks observasi dalam bentuk peta pikiran
atau mind map dengan penuh tanggung
jawab sedangkan guru melakukan observasi untuk penilaian.
7)
Peserta didik menyimpulkan
ciri umum, tujuan, jenis, dan ciri kebahasaan teks observasi dengan penuh tanggung jawab.
8)
Peserta
didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok kemudian dikomentari oleh
kelompok lain dengan santun.
Peserta
didik penampil baik dengan jawaban benar mendapatkan kartu point nilai dari
guru.
Pertemuan
2:
|
40 menit
|
Penutup
|
1. Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran terkait ciri umum,
tujuan, jenis dan ciri kebahasaan teks observasi.
2. Guru memberikan umpan balik dan refleksi ciri umum, tujuan, jenis dan
ciri kebahasaan teks observasi ke peserta didik.
3. Guru memberikan tugas
mencari contoh teks observasi di majalah, koran, atau di buku.
|
10 menit
|
Pertemuan
2: ditambah dengan mengamati dan menanya
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1. Guru mengondisikan
suasana belajar. (memberi salam kepada
siswa, berdoa sebelum belajar dan mengabsen kehadiran peserta didik).
2. Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa tentang teks teks observasiyang
berjudul
“Pencemaran
ing DAS Kali Brantas” dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya mendeskripsikan suasana di sekolah
ketika pelaksanaan upacara hari senin
dan penayangan vedio objek wisata.
3.Guru memberi motivasi kepada peserta didik mengenai manfaat belajar teks teks observasi dalam kehidupan
sehari-hari seperti.
4.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru
menyampaikan cakupan materi
pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Pertemuan 2:
1) Peserta didik berkelompok
sesuai dengan jenis hobi.
2) Peserta didik dalam kelompok membaca contoh teks observasi yang diberikan
guru dengan penuh tanggung jawab.
3) Peserta didik dengan bimbingan guru bertanya jawab mengenai isi teks
observasi dalam kelompok dengan penuh percaya diri.
4) Peserta didik bertanya jawab mengenai cara
memahami teks observasi dalam kelompok secara jujur.
10) Peserta
didik dalam kelompok mendiskusikan
isi cerita observasi yang berjudul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas” yang dibacanya
dengan penuh tanggung jawab.
11) Peserta didik dalam kelompok
memetakan isi
teks
observasi yang dibaca pada LK yang
diberikan guru
dengan kreatif..
12) Peserta
didik dalam kelompok diskusi
membandingkan
isi beberapa teks observasi
sesuai LK yang
diberikan guru dengan kritis.
13) Peserta
didik menjawab pertanyaan bacaan
untuk
menentukan isi teks observasi dalam
kelompok dengan penuh percaya diri.
9)
Peserta
didik mempresentasikan hasil
diskusi kelompok untuk ditanggapi kelompok lain dengan santun
sementara guru melakukan
penilaian proses.
|
40 menit
|
Penutup
|
10)
Guru memandu peserta didik menyimpulkan pelajaran mengenai pemahaman
isi teks observasi.
11)
Guru memberikan umpan balik
dan refleksi mengenai isi teks observasi.
12)
Guru memberikan tugas membaca teks dan menemukan isi dalam teks observasi
yang dibaca.
|
10 menit
|
I.
Penilaian
1.
Teknik Penilaian
a.
Penilaian
sikap dilakukandengan teknik observasi
melalui jurnal secara tidak langsung.
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2. Instrumen Penilaian
a.
Instrumen
jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester : IX/Satu
Tahun pelajaran : 2019/
2020
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
22/02/17
|
Enggar
|
·
Mengucap syukur karena dapat mengerjakan tugasnya dengan benar
|
Spiritual
(bersyukur)
|
|
|
Dst
|
|
|
Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester :
IX/Satu
Tahun pelajaran : 2019/
2020
‘No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1.
|
|
Aulia
|
·
menyampaikan usulan konstruktif dalam diskusi membangun konsep teks
deskripsi.
|
peduli
|
2
|
dst.
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian Tes Tertulis
1) Kisi-kisi tes tulis
No KD
|
Materi
|
Indikator soal
|
Level kognitif
|
No soal
|
||
1
|
2
|
3
|
||||
3.1
|
Ciri umum teks
deskripsi
|
Disajikan teks
deskripsi, siswa dapat menuliskan ciri umum teks deskripsi
|
Ö
|
|
|
1
|
|
Jenis teks
|
Disajikan teks
deskripsi siswa dapat mendata jenis
teks deskripsi
|
|
Ö
|
|
2
|
|
Ciri
kebahasaan
|
Disajikan teks
deskripsi, siswa dapat mendaftar ciri kabahasaan teks deskripsi
|
|
Ö
|
|
3
|
4.1
|
Isi teks deskrpsi
|
Disajikan kutipan
teks diskripsi siswa dapat menentukan isi teks dengan tepat
|
|
|
Ö
|
4
|
|
Memetakan teks
|
Disajikan ilustrasi
teks deskripsi siswa dapat memetakan teks
deskripsi sesuai jenisnya
|
|
|
Ö
|
5
|
LEMBAR
PENGAMATAN DIRI
No
|
Sikap atau Nilai
|
Indikator
|
Rubrik Penilaian
|
Butir Perntanyaan
|
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk
meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta untuk melestarikan dan mengembangkan
budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan
pengembangan kebudayaan Nasional
|
1.1.1
Berdoa
sebelum memulai dan sesudah kegiatan belajar bahasa daerah.
1.1.2
Menggunakan
bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan tata krama.
|
|
|
|
2.2
Memiliki perilaku percaya diri dan tanggungjawab atas karya budaya masyarakat daerah yang pebuh
makna
|
2.2.1
Bertanggung
jawab dalam membuat tanggapan pribadi terhadap struktur teks
wayang.
2.2.2
Santun
dalam menyajikan tanggapan pribadi terhadap struktur teks wayang.
|
|
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Indikator
|
Rubrik Penilaian
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan struktur teks observasidengan judul “Pencemaran
ing DAS Kali Brantas”
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi unsure kebahasaan dalam teks observasi dengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”
|
|
|
3
|
Mengidentifikasi karakter masing-masing
tokoh dalam teks
observasidengan judul “Pencemaran ing DAS Kali Brantas”
|
|
|
4
|
Menjelaskan pesan moral cerita pendekdengan judul “Pencemaran
ing DAS Kali Brantas”
|
|
|
Tes lisan:
Menilai praktik menceritakanteks observasipeserta
didik dengan judul “Pencemaran ing
DAS Kali Brantas”
|
|
|
Mojokerto, 16
Juli 2019
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
…………..
Nip.
……….
Lampiran 1
Instrumen Penilaian
Lembar Pengamatan sikap spiritual
dan Sosial
No.
|
Nama
Siswa
|
Indikator dan skor
|
|||||
Terbiasa berdoa kepada Tuhan YME
|
Terbiasa menggunakan bahasa
Jawa
|
Menerapkan tata krama
|
Jujur
dalam menjawab pertanyaan
|
Bertanggung jawab terhadap
tugas
|
Menghargai pendapat orang
lain
|
||
1 2 3
4
|
1 2
3 4
|
1 2
3 4
|
1 2
3 4
|
1 2 3
4
|
1 2
3 4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
Pedoman
Penilaian
Berikan nilai
pada kolom yang sesuai dengan hasil pengamatan terhadap aktivitas peserta didik
selama pembelajaran dengan kriteria sebagi berikut:
1.
Tidak
melakukan sesuai tuntutan indikator
2.
Kadang-kadang
melakukan sesuai tuntutan indikator
3.
Sering
melakukan sesuai tuntutan indikator
4.
Selalu
melakukan sesuai tuntutan indikator
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup,
4. baik, 5. amat baik
Lampiran 01
Lembar Pemgetahuan
Instrumen Tes Tertulis
Soal untuk KD: 3.1
Teks Observasi
Wacan ing ngisor iki wacanen kang
titi!
Pencemaran
ing DAS Kali Brantas
Kahanan ing daerah aliran sungai
(DAS) kali Brantas wiwit saka hulu nganti
hilir saya nguwatirake. Karusakan ing
sadawane kali Brantas kang klebu kali utama ing Jawa Timur kasebut bisa ngancem
panguripan 14 yuta warga Jawa Timur. Pratelan iki dicathet dening sawijining
Organisasi Pecinta Lingkungan “ Sahabat Sungai Indonesia” sadurunge nindakake
panliten ing kali Brantas saka Malang nganti tekan Surabaya ing dina setu, 13
April 2013. Kegiyatan nyusur kali brantas kang suwene nem dina nganti 18 April
2013 kasebut ditindakake ing sadawane kali. Kegiyatan nyusur kali iki kanggo
ngematake kahanane banyu kali lan resepane ing sakiwa tengene kali Brantas.
Para Sahabat Sungai indonesia nindakake panliten iki kanthi ancas kanggo
mangerteni kahanane banyu lan karusakan-karusakan lingkungan ing sadawane DAS
kali Brantas.
Saka panliten sing wis ditindakake
Sahabat Sungai Indonesia,pranyata akeh ,sumber banyu kang ilang saka Dhaerah
Aliran Sungai Brantas.”Kahanan DASBrantas saya nguwatirake wiwit saka hulu
nganti tekan hilir. Ing tlatah hulu yaiku ing kutha Batu kecathet saya akeh sumber banyu kang ilang merga
digawe sumber irigasi lan bahan baku ngombe kemasan. Ing tengah lan ing hilir
wis dicemari dening lembah industri,”Mangkono pangendikane koordinator Sahabat Sungai
Indonesia, Catur Nusantara ing Malang wektu kapungkur. Miturut mass Catur, ing
tlatah tangkepan banyu DAS kali Brantas (gunung Wilis, Arjuna, Kelud, Welirang,
lan Semeru kulon) wiwit taun 1998-2007 wis akeh kelangan sumber-sumber banyu.
Ing kutha Batu sing dadi kawasan
hulu saka kali brantas sumber-sumber banyune mung kari sethithik. Cacahe kari
nyiysakake 58 sumber banyu saka 111 umber banyu kang ana sadurunge.”Yen sumber
banyu kanggo ngombe lan irigasi terus kekikis, mula masyarakat bakal kangelan
anggone golek banyu. Suwe-suwe masyarakat malih tuku banyu kanggo bisa oleh
banyu, lan iki musibah,” mangkono andharane mas Catur. Saliyane babagan sumber
banyu lan resepane, mas Catur ngandharake menawa DAS kali Brantas uga nandhang
pencemaran kang mrihatinake banget. Ora mung limbah pomahan (rumah tangga) wae
sing gawe pencemaran, ananging uga limba industri kang mapan ing sadawane kali
Brantas. Sahabat Sungai Indoneia nyathet menawa ana 1.054 pabrik ingb sadawane
kali brantas, 40 saka pabrik kasebut nduweni potensi ndadekake kali brantas
tercemar amarga nduweni kapasitas limbah 330 ton saben dinane.
Kahanan ing sakiwa tengene DAS kali
Brantas gawe pengaruh uga tumprap kualitas banyu ing kali Brantas. Anton
Nevenanto, Dhosen Soiologi Lingkungan Univdrsitas Brawijaya Malang kang melu
nliti kali Brantas ngandharake, menawa perkembangan dharatan ing sakiwa tengene
DAS kali Brantas uga nggawa engaruh tumprap kualitas banyu ing kali
Brantas.Menawa daerah ing nduwur kali gundhul bakal dumadi erosi kang ndadekake
sedimentasi ing jero kali. Sedimentasi iki nyata bakal nggagu iline banyu ora
lancar bakal nyebabake dumadine banjir.
Nama :
.............................
Kelas/No
absen : ................
Soal kanggo KD 3.1
1.
Apa
irah-irahan wacan sing wis kok waca ing ndhuwur?
2.
Andharake
makna kata kang ana ing wacan ndhuwur!
3.
Andharake
makna ungkapan kang kaandhut sajrone wacan!
4.
Isi
kang kaandhut img sajrone wacan kuwi mau apa?
5.
Andharake
isi sajrone wacan kasebut!
6.
Jelasake
pesan moral kang kaandhut ing sajrone wacan kasebut!
b.
Evaluasi Kognitif
Bentuk alat evaluasi sesuai dengan kebutuhan: tes tertulis, tes
lisan, tes produk
c.
Evalusai Psikomotor
Bentuk alat evaluasi : tes kinerja,
tes produk, dll
(1) Gawea palapuran observasi kanthi tema
“Lingkungan”!
No.
|
Nama
|
Mengarang
paragraf deskripsi
|
Butir Soal C1
|
|||||||||||||||
Diksi
|
Kalimat
|
Isi
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
Wacanen
gancaran karanganmu ana ngarep kelas!
|
Nama
|
Membaca
Ekspresif Paragraf Deskripsi
|
Butir Soal C2
|
|||||||||||||||
Intonasi
|
Ekspresi
|
Gesture/Gerak
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik/
Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik
0 comments:
Post a Comment