RPP BAHASA JAWA
KELAS 7 - KD 4 - LAGU KREASI
SEMESTER GANJIL
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
C. Tujuan Pembelajaran
D. Materi Pembelajaran
E. Metode
Pembelajaran
KELAS 7 - KD 4 - LAGU KREASI
SEMESTER GANJIL
|
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMP
Negeri ………
Mata Pelajaran :
Bahasa Daerah
(Jawa)
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Materi Pokok : Lagu kreasi
Alokasi Waktu :
2 Pertemuan (2jp)
______________________________________________________________________
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3. Memahami pengetahuan
(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
4. Mencoba, mengolah, dan
menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
|
3.5 Memahami struktur teks, unsur kebahasaan,
dan pesan moral lagu tembang macapat dan kreasi secara lisan dan tulis
|
3.5.1 Mengidentifikasi struktur teks lagu kreasi.
3.5.2 Mengklasifikasi unsur kebahasaan teks lagu kreasi.
3.5.3
Menyimpulkan pesan moral lagu kreasi.
|
4.5 Melagukan dan
mengungkapkan pesan tembang macapat dan lagu
kreasi
|
4.5.1 Membaca notasi lagu
kreasi.
4.5.2 Melagukan tembang
lagu kreasi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan I
1. Melalui kegiatan tanya jawab Explicit
Instruction, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks lagu kreasi
berbahasa Jawa dengan tepat dan tanggung jawab.
2. Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat
mengklasifikasikan unsur kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan
benar dan santun.
3. Setelah menyanyikan lagu kreasi berbahasa Jawa,
peserta didik dapat menyimpulkan pesan moral lagu kreasi dengan penuh percaya
diri.
Pertemuan
II
1.
Setelah
menyanyikan lagu kreasi peserta didik mampu dengan baik membaca notasi lagu kreasi
berbahasa Jawa dengan penuh
tanggung jawab.
2.
Bersama-sama
melagukan tembang lagu kreasi berbahasa Jawa dengan baik dan percaya diri.
3.
Setelah
menyanyikan lagu kreasi bersama-sama, peserta didik dapat menanggapi isi dari
lagu kreasi berbahasa Jawa yang
dilagukan temannya dengan kalimat yang santun.
Fokus Penguatan Karakter : Percaya diri, tanggung jawab, dan santun.
D. Materi Pembelajaran
Pertemuan I
1. Teks
lagu kreasi
2. Struktur
teks lagu kreasi
- Unsur kebahasaan lagu kreasi
- Pesan moral dalam lagu kreasi
Pertemuan
II
1.
Tekhnik membaca
notasi lagu kreasi
2. Teknik
melagukan lagu kreasi
3. Isi
lagu kreasi.
Uraian
materi selengkapnya terlampir
E. Metode
Pembelajaran
1.
Pendekatan saintifik/Kontekstual
-
Mengamati
-
Menanya
-
Mengumpulkan
-
Mengasosiasi
-
Mengkomunikasikan
2.
Discovery learning
F. Model : Pembelajaran
berbasis teks.
-
Membangun konteks (kegiatan awal)
-
Pemodelan teks (mengamati)
-
Bekerja kelompok
-
Bekerja individu
G. Teknik
Pembelajaran :
-
Ceramah
- Tanya jawab
- Diskusi
- Praktek
- Pemberian tugas.
H.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.
Media:
·
Contoh teks lagu kreasi (terlampir)
·
Penayangan
materi pembelajaran menggunakan media audio visual.
2.
Alat:
·
Laptop dan LCD
·
Lembar kerja
Siswa
3.
Sumber Belajar:
·
Hadi, Samsul
dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya.
Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·
Ismukaca. 2014. Mumpuni
Basa Jawa 1. Surabaya. Nilam Media
·
Kamus Pepak Basa
Jawa
·
Media Informasi
berbasis Internet
I. KKM
: 75
J.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, mengabsen kehadiran dan siswa dikondisikan untuk
siap belajar teks profil tokoh idola.
· Guru melakukan
apersepsi dengan bertanya jawab
kepada siswa mengenai lagu kreasi Misalnya lagu kreasi yang perna didengar
oleh siswa.
· Guru memberi motivasi belajar peserta didik
mengenai manfaat belajar lagu kreasi. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·
Guru menyampaikan
materi pembelajaran yang akan
dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
1. Mengamati
·
Peserta didik membaca teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul
“Ilir-ilir” dengan baik dan santun.
·
Peserta didik menyimak teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul
“Ilir-ilir” dengan disiplin dan tanggung jawab.
2. Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik bertanya tentang struktur teks lagu
kreasi berjudul “Ilir-ilir” dengan santun dan percaya
diri.
·
Peserta didik
bertanya tentang unsur kebahasaan teks lagu
kreasi berbahasa Jawa berjudul“ilir-ilir” dengan santun dan percaya
diri.
·
Peserta didik
bertanya tentang pesan moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul
“ilir-ilir” dengan santun
dan percaya diri.
3. Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·
Peserta didik mengumpulkan informasi tentang struktur teks lagu kreasi
berbahasa Jawa melalui kegiatan tanya jawab dengan kerjasama yang baik.
·
Peserta didik mengumpulkan
informasi tentang unsur kebahasaan
teks lagu berbahasa Jawa dengan
berdiskusi secara kekeluargaan dan kerja sama yang baik.
·
Peserta didik mengumpulkan
informasi tentang pesan moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan membaca
teks dengan santun dan tanggung jawab.
4. Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·
Peserta didik menganalisis struktur
teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan tanggung jawab.
·
Peserta didik menyimpulkan
unsur kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan santun.
·
Peserta didik
menghubungkan pesan moral yang terkandung di dalam lagu kreasi berbahasa Jawa
terhadap kehidupan sehari-hari dengan tanggung jawab.
5. Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·
Peserta didik maju menyampaikan pesan moral yang terkandung di
dalam lagu kreasi dengan kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
|
40 menit
|
Evaluasi
|
·
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru yang berkaitan dengan bahasa dan pesan moral dalam lagu
kreasi menggunakan bahasa Jawa dengan santun.
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
tentang struktur teks, unsur kebahasaan dan pesan moral dalam lagu kreasi
dengan penuh tanggung jawab.
·
Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana
tindak lanjut pembelajaran, dengan pemberian tugas dengan penuh tanggung jawab.
·
Guru mengajak peserta didik
mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·
Guru mengucap salam penutup.
|
5 menit
|
Pertemuan II
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, siswa dikondisikan untuk
siap belajar.
· Guru melakukan
apersepsi dengan bertanya jawab
kepada siswa mengenai pembelajaran sebelumnya.
· Guru memberi
motivasi belajar peserta didik mengenai
manfaat materi belajar lagu kreasi.
· Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai.
Guru menyampaikan
materi pembelajaran yang akan
dilakukan dan tagihan penilaian.
|
10 menit
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
1. Mengamati
·
Peserta didik mengamati(menyimak)
rekaman nyanyian lagu kreasi berbahasa Jawa dengan tanggung jawab.
2. Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·
Peserta didik menanya
penampilan menyanyi lagu kreasi berbahasa Jawa dengan penuh percaya diri.
3. Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·
Peserta didik
mencari konsep tentang teknik menyanyikan lagu kreasi berbahasa jawa dengan penuh tanggung jawab.
4. Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·
Peserta didik menulis (membuat) lagu kreasi
berbahasa Jawa secara mandiri (kerja mandiri) dengan penuh tanggung jawab.
5. Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·
Peserta didik melagukan lagu kreasi berbahasa Jawa dengan lafal,
intonasi, notasi dan irama yang baik dan percaya diri.
·
Peserta didik mengungkapkan isi
lagu kreasi berbahasa Jawa dengan percaya diri.
|
40 menit
|
Evaluasi
|
·
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh
guru yang berkaitan dengan lagu kreasi yang telah dibuat/ditulis berbahasa Jawa
secara mandiri dengan penuh
tanggung jawab dan santun.
|
5 menit
|
Penutup
|
·
Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran
tentang struktur, bahasa, dan pesan moral dalam lagu kreasi dengan penuh tanggung jawab.
·
Guru mengajak peserta didik
mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·
Guru mengucap salam penutup.
|
5 menit
|
Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Penilaian
sikap dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.
Penilaian
pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.
Penilaian
keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2.
Instrumen
Penilaian
a.
Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal
Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester :
VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2019/
2020
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
|
|
·
|
|
|
|
|
|
|
Jurnal
Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun pelajaran : 2019/ 2020
No
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir
Sikap
|
1.
|
|
|
|
|
2
|
dst.
|
|
|
|
3.
Penilaian Pengetahuan
No
|
Indikator
|
Rubrik
Penilaian
|
Butir
Instrumen
|
|
Menjelaskan struktur
teks lagu kreasi berbahasa Jawa
berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
|
Menentukan unsur
kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
|
Menjelaskan makna
kata sukar dalam teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
|
Menjawab pertanyaan
terkait isi teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
|
Menyimpulkan isi teks
lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
Tes Lisan :
Menilai pemahaman
perserta didik tentang pesan moral yang terdapat dalam teks lagu kreasi
berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
|
|
Menjelaskan pesan
moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran 02.
4. Keterampilan
a.
Teknik Penilaian : P1= Evaluasi Produk dan P2=
evaluasi unjuk kerja
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Penilaian
c.
Kisi-kisi:
No
|
Indikator
|
Rubrik
Penilaian
|
Butir
Instrumen
|
1.
2.
3.
|
Peserta didik
menyajikan hasil apresiasi dalam bentuk karya tulis sederhana.
Peserta didik membuat
teks puisi
Peserta didik membaca
teks puisi buatannya
|
|
|
Instrumen: lihat Lampiran 03
Kunci Jawaban
NILAI =
(Skor yang didapat/Skor maks) x 100
Mojokerto, 16 Juli 2018
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
…………..
Nip. ……………
Lampiran
01
Lembar Pengamatan
Diri
1. Wenehana tanda centang
(√) ing andharan (pernyataan)
sing kokanggep
paling pas karo kanyatan sing koklakoni.
2. Katrangan kanggo mbiji pakulinan (kebiasaan):
5 =
ajeg
4 =
kerep
3 =
arang-arang
2 =
tau
1 =
blas
2. Lembar
Pengamatan
No.
|
Aspek penilaian
|
Kriteria
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
a.
Kulina donga (ngucap/nulis
krana Gusti Kang Maha Kuwasa) sadurunge miwiti blajar basa Jawa
|
|
|
|
|
|
b.
Kulina migunakake basa Jawa
kanggo ngomong karo sapa bae (guru, kanca) nalika jam pelajaran Basa Jawa.
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kulina ngetrapake tata krama
nalika srawung karo kancane
|
|
|
|
|
|
|
d.
Kulina ngetrapake tatakrama
nalika matur karo gurune.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
·
Jujur nalika njawab pitakon-pitakon ngenani wacan crita
wayang manut panemune dhewe.
|
|
|
|
|
|
3
|
·
Tanggungjawab marang tugas pribadi
·
Tanggungjawab marang tugas kelompok.
|
|
|
|
|
|
4
|
·
Ngurmati panemune wong liya nalika diskusi.
·
Migunakake tembung kang pas (ora kasar lan kemproh)
nalika ngomong lan takon ing diskusi.
|
|
|
|
|
|
5
|
·
Nggatekake nalika nyemak teks geguritan.
·
Tertarik, pingin ngerti lan sinau teks geguritan.
|
|
|
|
|
|
..............,
................2019
.......................................
Lampiran
02
Lembar
Pengetahuan
Nama : .................
Kelas/No
absen :...............
1. Pitakon ing
ngisor iki wangsulana!
a. Tema
apa kang ana ing lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau?
b. Kepriye
guru lagu sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau? Cethakna!
c. Kepriye
basa sajrone lagu kreas kang wis dilagokake kancamu mau?
d. Apa
kang narik kawigatenmu saka lagu keasi kang wis dilagokake dening kancamu mau?
Duduhna perangan kang nyengkuyung panemumu?
e. Kepriye
amanat sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna
perangan kang nyengkuyung panemumu?
2. Coba
alih tulisna guru lagu kang wis dilagokake dening kancamu mau menyang
paragraf!..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3. Saka
lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau, golekana tembung kang
angel, banjur kira-kirane teges saka tembung kasebut!
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Lampiran
03
Lembar
Pengamatan Portofolio Hasil Tulisan
Nama
:..............................
Kelas/No.
Absen:..............
Wenehana tandha centhang (√) ing andharan
(pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing kokamati, tulisane
kancamu!
(1). Coba lagokna lagu kreasi basa Jawa kanthi
nduweni tema “Kutha Pariwisata”!
No.
|
Nama
|
Nglagokake
Lagu Kreasi
|
Butir Soal C1
|
|||||||||||||||
Diksi
|
Kalimat
|
Isi
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
(2)
Lagokna lagu
kreasi piliyanmu ing ngarep kelas!
No
|
Nama
|
Nglagokake
Ekspresif Lagu Kreasi
|
Butir Soal C2
|
|||||||||||||||
Intonasi
|
Ekspresi
|
Gesture/Gerak
|
Bahasa
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik
(3)
Andharna apa isi
geguritan kuwi lan pesan moral apa kang ana sajrone geguritan!
No.
|
Nama
|
Apresiasi Lagu Kreasi
|
Butir Soal C3
|
|||||||||||||||
Analisis
|
Isi
|
Penyampaian
|
Pendapat
|
|||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik/
Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik
..............,
.................2019
Pengamat,
.....................................
LAMPIRAN
MATERI/ BAHAN AJAR
Ilir- ilir
Slendro P. Sanga
. . 5 5 5 6 1 5 5 2 3 5 5 3 2
I - lir – i- lir tandur- e wis sumi- lir,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
tak i- jo ro- yo ro- yo tak- sengguh teman- ten a- nyar,
. . 5 5 5 6 1 5 5 2 3 5 5 3 2
bo- cah a- ngon penek- na blim- bing ku- wi,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
lu-nyu lunyu penek- en kanggo ma- suh do- dot- i- ra,
. . 5 5 5 6 1 5 5 5 2 3 5 5 3 2
do- dot i- ra ku- mi- tir be-dhah ing ping- gir,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
doma- na jlu- mata- na kang- go se- ba mengko so- re,
1 6 1 2 1 6 1 5 1 6 1 2 1 6 1 5
mumpung ge-dhe rembu- lan- e, mumpung jembar ka-lang- an- e,
. . 5 6 1 5 32 3 . 5 1 3 2 1 1 6 5
ya su- rak- a su- rak ho re.
· Nggawea kelompok, saben kelompok dumadi saka 2-3
anggota.
· Temtokna sapa sing dadi ketua kelompok
· Tugase ketua kelompok, mimpin anggota kelompok
kanggo ngayahi kewajibane kanthi jujur,
tanggung jawab lan santun.
· Tugase kelompok, diskusi kanggo nggarap kabeh
gladhen .
· Asile diskusi ditulis ana lembar kerja
· Asile diskusi dipaparake ana ngarep kelas.
|
Gladhen
1
- Pitakon
ing ngisor iki wangsulana!
a.
Tema apa kang
ana ing lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau?
b.
Kepriye guru
lagu sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau? Cethakna!
c.
Kepriye basa
sajrone lagu kreas kang wis dilagokake kancamu mau?
d.
Apa kang narik
kawigatenmu saka lagu keasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna
perangan kang nyengkuyung panemumu?
e.
Kepriye
amanat sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna
perangan kang nyengkuyung panemumu?
·
Nggawea
kelompok, saben kelompok dumadi saka 2-3 anggota.
·
Temtokna sapa
sing dadi ketua kelompok
·
Tugase ketua
kelompok, mimpin anggota kelompok kanggo ngayahi kewajibane kanthi jujur, tanggung jawab lan santun.
·
Tugase
kelompok, diskusi kanggo nggarap kabeh gladhen .
·
Asile
diskusi ditulis ana lembar kerja
·
Asile
diskusi dipaparake ana ngarep kelas.
|
- Coba alih
tulisna guru lagu kang wis dilagokake dening kancamu mau menyang
paragraf!...................................................................................................
- Saka lagu
kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau, golekana tembung kang
angel, banjur kira-kirane teges saka tembung kasebut!
.................................................................................................................
Gladhen 2
a. Lagu
kreasi “ilir-ilir” iki lagokake kanthi migatekake pangucapane aksara sing trep
ing ngarep kelas.
Carane :
v Anggota
kelompok gentenan nglagokake lan gentenan nyemak lagune anggota kelompok
liyane.
v Asile
nglagokake lan nyemak digunakake kanggo bahan diskusi lan nggladhi nglagokake
;kang trep.
v Pilihen
salah siji saka anggotamu makili kelompok, nglahokake lagu kreasi ing ngarep
kelas.
b.
Bijinen kancamu
kang nglagokake “Ilir-ilir”.
Carane
:
v Wenehana tanda
centang (√) ing lembar pengamatan kang sumadiya
A. KAWRUH BASA
1.
Rimbag Tembung
1.
Rimbagan
Tembung
Tembung lingga bisa
dirimbag dadi tembung andhahan kanthi ditambahi/diimbuhi ater-ater, seselan lan
panambang. Panganggone ater-ater,
seselan lan panambang bisa ijen-ijen, uga bisa bebarengan. Ater-ater kuwi
manggone ana nemplek ing ngarep, seselan ing tengah lan panambang ana ing
samburi wanda ing tembung.
Tuladha
v
Temanten
te (ater-ater) +
manten (tembung lingga)
v
Kumitir
um (seselan) + kitir
(tembung lingga)
v
Penekna
pa (ater-ater) + menek
(tembung lingga) + na (panambang)
a.
Ater-ater (BI: Awalan) :
· Ater-ater
anuswara : n, m,ny, ng
· Ater-ater
tripurusa : dak, ko(kok), di/dipun
· Ater-ater
liyane : sa, pa, pri, pra, tar,
ka, kuma, kami, kapi.
b.
Seselan (BI: sisipan) : el, er, in,
um
c. Panambang
(BI: akhiran): ake/aken, i/ipun, a, an, na, ana, en, ku, mu, e/ne.
|
Gladhen 3
Goleka tembung andhahan
kang pangrimbage sarana diimbuhi/ditambahi “ilir-ilir” lima (5) tembung
andhahan wae
0 comments:
Post a Comment