Tuesday 27 August 2019

RPP Bahasa Jawa Kelas 7 - Lagu Kreasi

Posted by ilmu dasar kehidupan On 20:56 | No comments
RPP BAHASA JAWA
KELAS 7 - KD 4 - LAGU KREASI
SEMESTER GANJIL



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan            :    SMP Negeri ………
Mata Pelajaran                  :    Bahasa Daerah (Jawa)
Kelas/Semester                   :    VII/Ganjil
Materi Pokok                     :    Lagu kreasi
Alokasi Waktu                   :   2 Pertemuan (2jp)
______________________________________________________________________
A.      Kompetensi Inti
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator


3.5  Memahami struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral lagu tembang macapat dan kreasi secara lisan dan tulis
3.5.1 Mengidentifikasi struktur teks lagu kreasi.
3.5.2  Mengklasifikasi  unsur kebahasaan teks lagu kreasi.
3.5.3 Menyimpulkan pesan moral lagu kreasi.
4.5   Melagukan dan mengungkapkan pesan tembang macapat  dan lagu kreasi
4.5.1 Membaca notasi lagu kreasi.
4.5.2 Melagukan tembang lagu kreasi

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I
1.      Melalui kegiatan tanya jawab Explicit Instruction, peserta didik dapat mengidentifikasi struktur teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan tepat dan tanggung jawab.
2.      Melalui kegiatan diskusi, peserta didik dapat mengklasifikasikan unsur kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan benar dan santun.
3.      Setelah menyanyikan lagu kreasi berbahasa Jawa, peserta didik dapat menyimpulkan pesan moral lagu kreasi dengan penuh percaya diri.



Pertemuan II
1.        Setelah menyanyikan lagu kreasi peserta didik mampu dengan baik membaca notasi lagu kreasi berbahasa Jawa dengan penuh tanggung jawab.
2.        Bersama-sama melagukan tembang lagu kreasi berbahasa Jawa dengan baik dan percaya diri.
3.        Setelah menyanyikan lagu kreasi bersama-sama, peserta didik dapat menanggapi isi dari lagu kreasi berbahasa Jawa yang dilagukan temannya dengan kalimat yang santun.

Fokus Penguatan Karakter : Percaya diri, tanggung jawab, dan santun.

D.   Materi Pembelajaran

Pertemuan I
1.      Teks lagu kreasi
2.      Struktur teks lagu kreasi
  1. Unsur kebahasaan lagu kreasi
  2. Pesan moral dalam lagu kreasi             
Pertemuan II
1.   Tekhnik membaca notasi lagu kreasi
2.  Teknik melagukan lagu kreasi
3.  Isi lagu kreasi.
Uraian materi selengkapnya terlampir

E. Metode Pembelajaran    

1.          Pendekatan saintifik/Kontekstual 
-            Mengamati
-            Menanya
-            Mengumpulkan
-            Mengasosiasi
-            Mengkomunikasikan
2.         Discovery learning

F. Model  : Pembelajaran berbasis teks.
-          Membangun konteks (kegiatan awal)
-          Pemodelan teks (mengamati)
-          Bekerja kelompok
-          Bekerja individu
G. Teknik Pembelajaran  :
           -  Ceramah
           -  Tanya jawab
            -  Diskusi
            -  Praktek
            -  Pemberian tugas.



H. Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media:
·         Contoh teks lagu kreasi (terlampir)
·         Penayangan materi pembelajaran menggunakan media audio visual.
2.         Alat:
·         Laptop dan LCD
·         Lembar kerja Siswa
3.        Sumber Belajar:
·         Hadi, Samsul dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·         Ismukaca. 2014. Mumpuni Basa Jawa 1. Surabaya. Nilam Media
·         Kamus Pepak Basa Jawa
·         Media Informasi berbasis Internet

I. KKM : 75
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·      Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, mengabsen kehadiran dan siswa dikondisikan untuk siap belajar teks profil tokoh idola.
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai lagu kreasi Misalnya lagu kreasi yang perna didengar oleh siswa.
·       Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat  belajar lagu kreasi. Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·      Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Peserta didik membaca teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir” dengan baik dan santun.
·         Peserta didik menyimak teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir” dengan disiplin dan tanggung jawab.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik bertanya tentang struktur teks lagu kreasi berjudul “Ilir-ilir” dengan santun dan percaya diri.
·         Peserta didik bertanya tentang unsur kebahasaan teks lagu kreasi  berbahasa Jawa berjudul“ilir-ilir” dengan santun dan percaya diri.
·         Peserta didik bertanya tentang pesan moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “ilir-ilir” dengan santun dan percaya diri.
3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·         Peserta didik mengumpulkan informasi tentang struktur teks lagu kreasi berbahasa Jawa melalui kegiatan tanya jawab dengan kerjasama yang baik.
·          Peserta didik mengumpulkan informasi tentang  unsur kebahasaan teks lagu berbahasa Jawa dengan berdiskusi secara kekeluargaan dan kerja sama yang baik.
·         Peserta didik mengumpulkan informasi tentang pesan moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan membaca teks dengan santun dan tanggung jawab.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menganalisis struktur  teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan tanggung jawab.
·         Peserta didik menyimpulkan  unsur kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa dengan santun.
·         Peserta didik menghubungkan pesan moral yang terkandung di dalam lagu kreasi berbahasa Jawa terhadap kehidupan sehari-hari dengan tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik maju menyampaikan pesan moral yang terkandung di dalam lagu kreasi dengan kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
 40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan bahasa dan pesan moral dalam lagu kreasi menggunakan bahasa Jawa dengan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang struktur teks, unsur kebahasaan dan pesan moral dalam lagu kreasi dengan penuh tanggung jawab.
·         Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran, dengan pemberian tugas dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit



Pertemuan II
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·      Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, siswa dikondisikan untuk siap belajar.
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai pembelajaran sebelumnya.
·      Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat materi belajar lagu kreasi.
·      Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Peserta didik mengamati(menyimak) rekaman nyanyian lagu kreasi berbahasa Jawa dengan tanggung jawab.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik menanya penampilan menyanyi lagu kreasi berbahasa Jawa dengan penuh percaya diri.
3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·         Peserta didik mencari konsep  tentang teknik menyanyikan lagu kreasi berbahasa jawa dengan penuh tanggung jawab.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menulis (membuat)  lagu kreasi berbahasa Jawa secara mandiri (kerja mandiri) dengan penuh tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik melagukan  lagu kreasi berbahasa Jawa dengan lafal, intonasi, notasi dan irama yang baik dan percaya diri.
·         Peserta didik mengungkapkan isi lagu kreasi berbahasa Jawa dengan percaya diri.
40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan  lagu kreasi yang telah dibuat/ditulis berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab dan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang struktur, bahasa, dan pesan moral dalam lagu kreasi dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit

Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap  dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.
2.      Instrumen Penilaian
a.      Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1


·          






Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020
No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.





2
dst.




3. Penilaian Pengetahuan
No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
  1.  
Menjelaskan struktur teks  lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


  1.  
Menentukan unsur kebahasaan teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


  1.  
Menjelaskan makna kata sukar dalam teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


  1.  
Menjawab pertanyaan terkait isi teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


  1.  
Menyimpulkan isi teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


Tes Lisan :
Menilai pemahaman perserta didik tentang pesan moral yang terdapat dalam teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”


  1.  
Menjelaskan pesan moral teks lagu kreasi berbahasa Jawa berjudul “Ilir-ilir”



Instrumen: lihat Lampiran 02.

4. Keterampilan
a.    Teknik Penilaian            : P1= Evaluasi Produk dan P2= evaluasi unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen          : Lembar Penilaian
c.    Kisi-kisi:
No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
1.

2.
3.
Peserta didik menyajikan hasil apresiasi dalam bentuk karya tulis sederhana.
Peserta didik membuat teks puisi
Peserta didik membaca teks puisi buatannya


Instrumen: lihat Lampiran 03
Kunci Jawaban
 NILAI =   (Skor yang didapat/Skor maks) x 100
                                                                                          Mojokerto,   16 Juli 2018
Mengetahui,                                                                                                               
Kepala Sekolah                                                                 Guru Bahasa Jawa


…………..                                                                       
Nip. ……………                                                             
Lampiran 01
Lembar Pengamatan Diri
1.    Wenehana tanda centang (√) ing andharan (pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing koklakoni.
2.   Katrangan kanggo mbiji pakulinan (kebiasaan):
5   =   ajeg
4   =   kerep
3   =   arang-arang
2   =   tau
1   =   blas
2.    Lembar Pengamatan
No.
Aspek penilaian
Kriteria
5
4
3
2
1
1
a.     Kulina donga (ngucap/nulis krana Gusti Kang Maha Kuwasa) sadurunge miwiti blajar basa Jawa





b.     Kulina migunakake basa Jawa kanggo ngomong karo sapa bae (guru, kanca) nalika jam pelajaran Basa Jawa.





c.     Kulina ngetrapake tata krama nalika srawung karo kancane





d.    Kulina ngetrapake tatakrama nalika matur karo gurune.





2
·      Jujur nalika njawab pitakon-pitakon ngenani wacan crita wayang manut panemune dhewe.





3
·       Tanggungjawab marang tugas pribadi
·       Tanggungjawab marang tugas kelompok.





4
·       Ngurmati panemune wong liya nalika diskusi.
·       Migunakake tembung kang pas (ora kasar lan kemproh) nalika ngomong lan takon ing diskusi.





5
·      Nggatekake nalika nyemak teks geguritan.
·      Tertarik, pingin ngerti lan sinau teks geguritan.






                                                                  .............., ................2019


                                                                  .......................................








Lampiran 02
Lembar Pengetahuan
                                                                                                Nama               : .................
                                                                                                Kelas/No absen :...............
1.       Pitakon ing  ngisor iki wangsulana!
a.       Tema apa kang ana ing lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau?
b.      Kepriye guru lagu sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau? Cethakna!
c.       Kepriye basa sajrone lagu kreas kang wis dilagokake kancamu mau?
d.      Apa kang narik kawigatenmu saka lagu keasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna perangan kang nyengkuyung panemumu?
e.       Kepriye amanat sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna perangan kang nyengkuyung panemumu?
2.      Coba alih tulisna guru lagu kang wis dilagokake dening kancamu mau menyang paragraf!..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
3.      Saka lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau, golekana tembung kang angel, banjur kira-kirane teges saka tembung kasebut! ..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................











Lampiran 03
Lembar Pengamatan Portofolio Hasil Tulisan
Nama :..............................
Kelas/No. Absen:..............
Wenehana tandha centhang (√) ing andharan (pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing kokamati, tulisane kancamu!
(1). Coba lagokna lagu kreasi basa Jawa kanthi nduweni tema “Kutha Pariwisata”!
No.
Nama
Nglagokake Lagu Kreasi
Butir Soal C1
Diksi
Kalimat
Isi
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































(2)   Lagokna lagu kreasi piliyanmu ing ngarep kelas!

No
Nama
Nglagokake Ekspresif Lagu Kreasi

Butir Soal C2
Intonasi
Ekspresi
Gesture/Gerak
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















































































































Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik

(3)   Andharna apa isi geguritan kuwi lan pesan moral apa kang ana sajrone geguritan!

No.
Nama
Apresiasi  Lagu Kreasi

Butir Soal C3
Analisis
Isi
Penyampaian
Pendapat
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4


















































































































Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik

                                                                                                .............., .................2019
                                                                                                            Pengamat, 


                                                                                                                                                                                    .....................................








LAMPIRAN MATERI/ BAHAN AJAR
Ilir- ilir
Slendro P. Sanga
. . 5 5 5 6 1 5 5 2 3 5 5 3 2
I - lir – i- lir tandur- e wis sumi- lir,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
tak i- jo ro- yo ro- yo tak- sengguh teman- ten a- nyar,
. . 5 5 5 6 1 5 5 2 3 5 5 3 2
bo- cah a- ngon penek- na blim- bing ku- wi,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
lu-nyu lunyu penek- en kanggo ma- suh do- dot- i- ra,
. . 5 5 5 6 1 5 5 5 2 3 5 5 3 2
do- dot i- ra ku- mi- tir be-dhah ing ping- gir,
2 2 2 2 5 5 3 2 1 3 2 1 6 1 6 5
doma- na jlu- mata- na kang- go se- ba mengko so- re,
1 6 1 2 1 6 1 5 1 6 1 2 1 6 1 5
mumpung ge-dhe rembu- lan- e, mumpung jembar ka-lang- an- e,
. . 5 6 1 5 32 3 . 5 1 3 2 1 1 6 5
ya su- rak- a su- rak ho re.
·      Nggawea kelompok, saben kelompok dumadi saka 2-3 anggota.
·      Temtokna sapa sing dadi ketua kelompok
·      Tugase ketua kelompok, mimpin anggota kelompok kanggo ngayahi kewajibane kanthi jujur, tanggung jawab lan santun.
·      Tugase kelompok, diskusi kanggo nggarap kabeh gladhen .
·      Asile diskusi ditulis ana lembar kerja
·      Asile diskusi dipaparake ana ngarep kelas.
 





Gladhen 1
  1. Pitakon ing  ngisor iki wangsulana!
a.    Tema apa kang ana ing lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau?
b.    Kepriye guru lagu sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake kancamu mau? Cethakna!
c.    Kepriye basa sajrone lagu kreas kang wis dilagokake kancamu mau?
d.   Apa kang narik kawigatenmu saka lagu keasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna perangan kang nyengkuyung panemumu?
e.   
·      Nggawea kelompok, saben kelompok dumadi saka 2-3 anggota.
·      Temtokna sapa sing dadi ketua kelompok
·      Tugase ketua kelompok, mimpin anggota kelompok kanggo ngayahi kewajibane kanthi jujur, tanggung jawab lan santun.
·      Tugase kelompok, diskusi kanggo nggarap kabeh gladhen .
·      Asile diskusi ditulis ana lembar kerja
·      Asile diskusi dipaparake ana ngarep kelas.

Kepriye amanat sajrone lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau? Duduhna perangan kang nyengkuyung panemumu?

  1. Coba alih tulisna guru lagu kang wis dilagokake dening kancamu mau menyang paragraf!...................................................................................................
  2. Saka lagu kreasi kang wis dilagokake dening kancamu mau, golekana tembung kang angel, banjur kira-kirane teges saka tembung kasebut! .................................................................................................................
Gladhen 2
a.       Lagu kreasi “ilir-ilir” iki lagokake kanthi migatekake pangucapane aksara sing trep ing ngarep kelas.
Carane :
v Anggota kelompok gentenan nglagokake lan gentenan nyemak lagune anggota kelompok liyane.
v Asile nglagokake lan nyemak digunakake kanggo bahan diskusi lan nggladhi nglagokake ;kang trep.
v Pilihen salah siji saka anggotamu makili kelompok, nglahokake lagu kreasi ing ngarep kelas.
b.    Bijinen kancamu kang nglagokake “Ilir-ilir”.
Carane :
v Wenehana tanda centang (√) ing lembar pengamatan kang sumadiya
A.    KAWRUH BASA
1. Rimbag Tembung
1.      Rimbagan Tembung
Tembung lingga bisa dirimbag dadi tembung andhahan kanthi ditambahi/diimbuhi ater-ater, seselan lan panambang. Panganggone ater-ater, seselan lan panambang bisa ijen-ijen, uga bisa bebarengan. Ater-ater kuwi manggone ana nemplek ing ngarep, seselan ing tengah lan panambang ana ing samburi wanda ing tembung.
Tuladha
v  Temanten                         te (ater-ater) + manten (tembung lingga)
v  Kumitir                 um (seselan) + kitir (tembung lingga)
v  Penekna                pa (ater-ater) + menek (tembung lingga) + na (panambang)
a.    Ater-ater  (BI: Awalan) :
·      Ater-ater anuswara : n, m,ny, ng
·      Ater-ater tripurusa : dak, ko(kok), di/dipun
·      Ater-ater liyane       : sa, pa, pri, pra, tar, ka, kuma, kami, kapi.
b.   Seselan (BI: sisipan) : el, er, in, um
c.    Panambang (BI: akhiran): ake/aken, i/ipun, a, an, na, ana, en, ku, mu, e/ne.

 







Gladhen 3

Goleka tembung andhahan kang pangrimbage sarana diimbuhi/ditambahi “ilir-ilir” lima (5) tembung andhahan wae



0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads