RPP BAHASA JAWA KELAS 9 SEMESTER GENAP K13
Mojokerto, 2 Januari 2020
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP
1)
Satuan Pendidikan : SMPN I …..
Mata Pelajaran : Bahasa Daerah
Kelas/Semester : IX / 2
Topik / tema : Drama Modern
Alokasi Waktu : 8x pertemuan ( 16 jp)
A. KOMPETENSI
INTI
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
3.4 Memahami
struktur teks, unsur kebahasaan, dan pesan moral dari teks drama
modern.
|
3.4.1 Menjelaskan struktur teks drama modern
3.4.2Mengidentifikasi
unsur kebahasaan dalam teks drama modern
3.4.3Mengidentifikasi
karakter masing-masing tokoh dalam drama modern.
3.4.4 Menjelaskan pesan
moral teks drama modern.
|
|
4.4 Melakukan
kegiatan bermain peran drama modern.
|
4.4.1 Menulis skenario
drama modern
4.4.2. Bermain peran drama
modern.
4.4.3 Memberikan tanggapan
permainan temannya
|
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Sikap
Sikap Spiritual (KI 1)
1.
Dengan
terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran yang berbasis teks, peserta didik terbiasa berdoa sebelum dan
sesudah proses pembelajaran.
2.
Guru menjelaskan
pelajaran dengan menggunakan bahasa Daerah, sehingga siswa mampu mencontoh
menggunakan bahasa Daerah sebagai sarana memahami informasi lisan.
3. Dengan terlibat secara aktif dalam proses
pembelajaran yang berbasis teks, peserta
didik terbiasa menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi sesuai dengan tata
krama.
Sikap Sosial (KI 2)
1.
Dengan diberikan
pemahaman menganai karya sastra, siswa dapat mengapresiasi karya sasta sesuai
dengan kaidah.
2.
Dengan diberikan
pemahaman menganai budaya daerah, siswa dapat mengapresiasi budaya daerah
sesuai dengan kaidah.
3.
Peserta didik terlibat secara aktif
dalam proses pembelajaran drama tradisional agar memiliki perilaku percaya diri
dan bertanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi terhadap pesan moral
drama modern.
4.
Dengan terlibat secara aktif dalam
proses pembelajaran drama modern, peserta didik santun dalam menyajikan tanggapan pribadi terhadap
pesan moral drama modern.
Kognitif (KI 3)
1.
Melalui kegiatan tanya jawab, peserta
didik dapat menjelaskan stuktur teks drama modern berbahasa Daerah dengan tepat.
2.
Melalui kegiatan diskusi, peserta didik
dapat menjelaskan unsur kebahasaan teks drama modern berbahasa Daerah dengan benar.
3.
Dengan dibacakan teks drama modern dan
dijelaskan menganai karakter masing-masing tokoh pada cerita, siswa mampu mengidentifikasi karakter masing-masing
tokoh dalam drama modern dengan benar.
4.
Setelah membaca naskah drama modern berbahasa Daerah, peserta didik dapat menjelaskan pesan moral teks drama modern berbahasa Daerah dengan benar.
Psikomotor (KI 4)
1.
Setelah diberi contoh teks drama modern berbahasa Daerah, peserta didik dapat menulis
teks drama modern
berbahasa Daerah
sesuai tema dengan baik.
2.
Setelah menulis teks drama modern berbahasa Daerah, peserta didik dapat memerankan
teks drama modern
berbahasa Daerah
dengan baik.
3.
Setelah membaca teks drama modern berbahasa Daerah, peserta didik dapat menanggapi
isi teks drama modern
berbahasa Daerah yang
diperankan temannya dengan kalimat yang
santun.
4.
Setelah membaca teks drama modern berbahasa Daerah, peserta didik dapat
menceritakan kembali relevansi pesan moral teks drama modern berbahasa Daerah dalam kehidupan sehari-hari
dengan jujur.
D. MATERI PEMBELAJARAN
1. Teks drama modern yang berjudul "AKIBATE
MALES SINAU”.
2. Struktur teks drama modern.
3. Unsur kebahasaan dalam teks drama modern.
4. Karakter masing-masing tokoh drama modern.
5. Pesan moral dalam teks drama tradisional.
6. Teknik
menulis skenario drama modern.
7. Bermain peran
dalam pementasan drama tradisional.
8. Memberikan
tanggapan permainan temannya.
E. MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : saintifik
2.
Model :
pembelajaran berbasis teks, pembelajaran kooperatif
3. Metode : tanya jawab, demonstrasi, pemberian
tugas
4. Teknik : inkuiri
F. KKM : 70
G.
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
Pertemuan 1
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengamati:
Ø
Peserta
didik membaca teks drama “akibate males sinau”
Menanya:
Ø
Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang unsur kebahasaan teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang karakter masing-masing tokoh dalam drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan
moral di dalam teks drama modern
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 2
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengamati:
Ø
Peserta
didik membaca teks drama “akibate males sinau”
Menanya:
Ø
Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang unsur kebahasaan teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang karakter masing-masing tokoh dalam drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan
moral di dalam teks drama modern
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 3
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
Mengamati:
Ø
Peserta
didik membaca teks drama modern
Ø Peserta
didik mendengarkan teks drama modern
Menanya:
Ø
Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang unsur kebahasaan teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang karakter masing-masing tokoh dalam drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan
moral di dalam teks drama modern
Peserta didik mengerjakan LKS untuk mengukur
kompetensi.
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 4
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengamati:
Ø
Peserta
didik membaca teks drama modern
Ø
Peserta didik mendengarkan teks drama modern
Menanya:
Ø
Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang unsur kebahasaan teks drama modern Peserta didik bertanya jawab
tentang karakter masing-masing tokoh dalam drama modern yang berjudul
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan
moral di dalam teks drama modern
Peserta didik mengerjakan LKS untuk mengukur
kompetensi.
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 5
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengamati:
Ø
Peserta
didik membaca teks drama
Ø
Peserta didik mendengarkan teks drama
Ø
Peserta didik memperhatikan pemutaran LCD yang memutarkan teks drama modern
Menanya:
Ø
Peserta
didik bertanya jawab tentang struktur teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang unsur kebahasaan teks drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang karakter masing-masing tokoh dalam drama modern
Ø
Peserta didik bertanya jawab
tentang pesan
moral di dalam teks drama modern
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 6
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengumpulkan informasi:
Ø
Peserta
didik mencari teks drama modern dari berbagai sumber
Mengasosiasi:
Ø
Peserta
didik menentukan struktur teks drama
modern
Ø
Peserta
didik menentukan unsur kebahasaan teks
drama
modern
Ø
Peserta didik menentukan
karakter masing-masing tokoh dalam teks drama modern
Ø
Peserta didik untuk merelevansikan
pesan moral teks drama modern
Peserta didik mengerjakan LKS untuk mengukur kompetensi.
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 7
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengumpulkan informasi:
Ø
Peserta
didik mencari teks drama modern dari berbagai sumber
Mengasosiasi:
Ø
Peserta
didik menentukan struktur teks drama
modern Peserta didik menentukan unsur kebahasaan teks drama
modern Peserta didik menentukan karakter masing-masing tokoh dalam teks drama
modern
Ø
Peserta didik untuk merelevansikan
pesan moral teks drama modern dengan
kehidupan.
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta
didik menyajikan hasil diskusi tentang
teks drama modern struktur, unsur kebahasaan, pesan moral dan
relevansinya dengan kehidupan
Ø
Peserta didik menyajikan hasil
apresiasi dalam bentuk karya tulis sederhana
Peserta didik mengerjakan LKS untuk mengukur
kompetensi.
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
Pertemuan 8
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
·
Guru
memberi salam dan mengabsen
·
Guru
menyiapkan kondisi kelas
·
Guru
melakukan apersepsi dengan mengulas materi pelajaran minggu yang lalu melalui
kegiatan bertanya jawab dan demontrasi
·
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran meliputi aspek sikap (sikap spiritual, dan sikap sosial), pengetahuan dan
ketrampilan.
|
|
Kegiatan inti
|
Peserta didik bersama guru
melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai
berikut:
Mengumpulkan informasi:
Ø
Peserta
didik berdiskusi tentang
struktur teks drama modern yang
berjudul “akibate males sinau”
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang unsur kebahasaan teks drama modern yang berjudul “akibate males sinau”
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang karakter
masing-masing tokoh dalam drama modern yang
berjudul “akibate males sinau”
Ø
Peserta didik berdiskusi tentang pesan moral di dalam teks drama modern
yang berjudul “akibate males
sinau”
Mengasosiasi:
Ø
Peserta
didik menentukan struktur teks drama
modern yang berjudul “akibate
males sinau”
Ø
Peserta
didik menentukan unsur kebahasaan teks
drama
modern yang berjudul “akibate
males sinau”
Ø
Peserta didik menentukan
karakter masing-masing tokoh dalam teks drama modern yang berjudul “akibate males sinau”
Ø
Peserta didik untuk merelevansikan
pesan moral teks drama modern yang
berjudul “akibate males sinau”dengan kehidupan.
Mengomunikasikan:
Ø
Peserta
didik menyajikan hasil diskusi tentang
teks drama modern yang berjudul
“akibate males sinau” terkait struktur,
unsur kebahasaan, pesan moral dan relevansinya dengan kehidupan
Ø
Peserta didik menyajikan hasil
apresiasi dalam bentuk karya tulis sederhana
Peserta didik mengerjakan LKS untuk mengukur
kompetensi.
|
|
Penutup
|
Ø Guru bersama peserta didik melakukan refleksi hasil pembelajaran
Ø Guru bersama murid membuat kesimpulan pembelajaran sebagai penguat.
Ø Guru memberi tugas sebagai perbaikan dan pengayaan
Ø Guru menutup pelajaran
|
|
1) Sumber Pembelajaran
-
Buku ajar
kelas IX
- Majalah berbahasa daerah
2) Alat dan Media
-
Teks drama modern yang berjudul “akibate
males sinau”
3) Berbasis ICT / Internet
- Anak mencari
contoh dialog teks drama modern dari
internet
I. PENILAIAN
1.
Sikap spiritual dan soaial
a.
Teknik Penilaian : Pengamatan/ Observasi, Penilaian Diri, Penilaian antar Peserta
didik, dan Jurnal
b.
Bentuk Instrumen : Lembar Observasi, Lembar angket, Catatan
c.
Kisi-kisi :
LEMBAR PENGAMATAN DIRI
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
Rubrik Penilaian
|
Butir Pertanyaan
|
1.1 Menghargai dan mensyu kuri keberadaan bahasa daerah seba-gai anugerah
Tu-han Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan kete-rampilan
berbahasa daerah, serta untuk
melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk
didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan kebudayaan
Nasional.
|
1.1.1
Berdoa sebelum
memulai dan sesudah kegiatan belajar bahasa Daerah
|
|
|
1.2 Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
|
1.2.1
Menggunakan
bahasa Daerah sebagai sarana memahami informasi lisan.
|
|
|
1.3 Menghargai dan
mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa
sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis.
|
1.3.1Menggunakan bahasa Daerah sesuai dengan tata krama
|
|
|
2.1 Memiliki
peri-laku peduli, cinta tanah air, dan semangat kebangsaan atas karya budaya
yang penuh makna.
|
2.1.1 Apresiatif terhadap karya sastra dan budaya daerah
|
|
|
2.2 Memiliki
perila-ku demokratis, kreatif, dan santun dalam berdebat tentang kasus atau
sudut pandang.
|
2.2.1 Menghormati penda pat dan tanggapan orang lain
|
|
|
2.1 Memiliki
perilaku jujur dan percaya diri dalam pengungkapan kembali peris-tiwa hidup
diri sendiri dan orang lain.
|
2.4.1 Menggunakan bahasa Daerah sebagai sarana memahami
informasi lisan
|
|
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Indikator
|
Rubrik Penilaian
|
Butir Instrumen
|
1
|
Menjelaskan struktur teks
drama modern dengan judul “Akibate Males Sinau”
|
|
|
2
|
Mengidentifikasi unsure
kebahasaan dlam teks drama modern dengan judul “Akibate Males Sinau”
|
|
|
3
|
Mengidentifikasi karakter
masing-masing tokoh dalam drama modern dengan judul “Akibate Males Sinau”
|
|
|
4
|
Menjelaskan pesan moral
teks drama modern dengan judul “Akibate Males Sinau”
|
|
|
Tes
lisan:
Menilai praktik memerankan
drama modern peserta didik dengan judul
“Akibate Males Sinau”
|
|
|
RUBRIK PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL
Rubrik
|
Skor
|
Sama sekali tidak menunjukkan usaha sungguh
sungguh dalam melakukan kegiatan
|
1
|
Sudah ada usaha sungguh sungguh dalam melakukan kegiatan tetapi masih
sedikit dan belum belum konsisten / ajeg
|
2
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh sungguh dalam melakukan yang cukup sering dan mulai
konsisten / ajeg.
|
3
|
Menunjukkan adanya usaha sungguh sungguh dalam melakukan kegiatan
secara terus menerus dan konsisten
/ ajeg.
|
4
|
ALAT EVALUASI
a. Evaluasi Sikap
Contoh
Lembar Pengamatan Sikap
No
|
Nama
|
Perilaku
yang diamati pada pembelajaran
|
||||
Menghargai
orang lain
|
Disiplin
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
Komunikasi
|
||
1
2
3
...
|
...................
....................
|
|
|
|
|
|
Skala penilaian dibuat dengan rentangan dari 1 s/d 5
Penafsiran
angka : 1. sangat kurang, 2. kurang, 3. cukup, 4. baik, 5. amat baik
b. Evaluasi Kognitif
Bentuk alat evaluasi sesuai dengan kebutuhan: tes tertulis, tes
lisan, tes produk
c. Evalusai Psikomotor
Bentuk alat evaluasi : tes kinerja, tes produk, dll
Contoh Lembar Penilaian Keterampilan (Mapel Bahasa
Jawa)
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
||||||||||||||||||||||||
Volume Suara
|
Mimik Wajah
|
Intonasi
|
Bahasa Tubuh
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|||||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||||||
Aspek
yang dinilai :
a. Keterampilan menggunakan bahasa
b. Keterampilan
tata busana
c. Keterampilan
berekspresi dalam panggung
Skala penilaian
dibuat dengan rentangan dari 1 sd 3.
Mojokerto,
2 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Jawa
Drs. H. …….. …….,
S.Pd.
Nip. 19640XXXXX Nip.
19680XXXXX
LAMPIRAN
Ujian Praktek Drama Basa Jawa
Ana ing sawijining desa ana Ngunut
bocah-bocah klas IX smp padha
latian drama kanggo ujian praktek pelajaran basa jawa. Erwin bocah sing
rada usil ora tau gelem nggarap tugas sekolah mung njagakne kancane. Dheweke
marani Dani dijak dolan.
Erwin : Dan,
ayo engko dolan !
Dani : Gaweanmu dolan ae . Kaya wong ra sekolah.
Erwin : Ra sah maido kaya bocah
sregep ae,
gelem apa
ora kowe ?
Dani : Dolan nyandi lho ?
Erwin : Yo emboh... Pokoke dolan ben
koyo cah gaul ngono lho...
Dani : Emmm.. ayo lek ngono. Tapi
wegah aku lek nganti bengi, diseneni bapaku !
Erwin : Hehehe, ora-ora.
Dani : Gek nggawa duit apa
ora ?
Erwin : Halah, kuwi dirembug engko
ae... Ya wis
aku arep mulih
Dani : ya, ya.... Engko kowe neng o
omahku.
Sawise iku Erwin lan Dani dolan. dheweke ora kelingan yen iki mau
wayahe kelompok drama B. Jawa kanggo ujian praktek kelas IX. Ing sawijining panggon,
Ipul
lan Riski
nunggu bocah loro mau
Bocah loro kuwi ora ngerti ing ngendi Erwin lan Dani.
Ipul : He, ing ngendi liyane ?
Riski : Lha ya nyandi sing loro ki, maeng apa ndak krungu di omongi...
Ipul : Apa diparani neng omahe ?
Riski : Omahe sapa
?
Ipul : Ya omahe bocah loro kuwi.
Riski : Lek ora enek piye ? Gek iki
urung latihan blas lho...
Ipul : Halah kuwi masalah keri, sing penting anggotane wis
enek kabeh.
Riskii : Ya, yen ngono diparani bareng.
Banjur Ipul lan Riski mara menyang omahe Erwin lan Dani. Ing kono ora nemoni sapa-sapa. Akhire bocah
loro mau mbalik ing omahe Ipul lan nerusake latihan drama. Akhire ditunggu tekan
sore ora teka..
Ipul : Piye bocah iki ? kok ora enek ketok ?
Riski : Lha yo piye neh, lek panggah ora gelem kelompok ya golek liyane ae.
Ipul : Nah, setuju aku. Ya wis aku pamit. Ki mesthi
wong tuwaku wis nggoleki.
Riski : Oke, dirembug sesuk neng sekolahan ae. Bocahe ditakoni.
Ipul : Eh iya, aja lali sesuk nggawa gitar
gae musicale.
Riski : Gampang, ya
uwis ndang muliha.
Deni mulih amarga wis maghrib.
Sesuke ing
sekolahan Deni lan Parman rembugan bab drama B. Jawa. Kanggo ngisi waktu
ngenteni Jono lan Supardi bocah loro kuwi ngrembug musik kang bakal digawe.
Ipul : Ayo sakiki nggawe musik
kanggo dramane. Sing tentang lagu daerah ae.
Riski : Ya angel lho kuwi, lha kowe
apa
isa ?
Ipul : Jajal kene aku (njupuk
gitar saka tangane Riski)
Riski : Halah kemiso, jajal piye....
Ipul : (nyanyi gundul-gundul pacul)
Riski : Hahaha, kuwi rak ya tembang dolanane bocah
lho...
Ipul : Sing penting lagu daerah lho...
Riski : Aja,
diganti liyane ngono lho.
Ipul : Jajal kowe isa
apa
ora ? (ngekekne gitar marang Riski)
Riski : (Main gitar)
Ipul : Lha kuwi apa
ora ya
lagu pop.... hahaha
Riski : Hahaha, lha aku ora isa lho..
Ipul : Kene lek ngono aku wae.
Riski : (Ngekekne gitar) Aku sing nyanyi ya ?
Ipul :
(Nyanyi karo Riski)
Riski :
Haha, apik kuwi... ya uwis nggae kuwi ae...
Sing ditunggu-tunggu mara-mara teko karo mlayu. Ora
rumangsa yen ditunggu.
Erwin : Heh, bocah-bocah wes
podo latihan drama Bahasa Jawa, kelompoke awake kok urung.
Ipul : Lha kowe dhekingi
nyandi ae ?
Erwin : Nyapo aku sing kok
takoni....
Ipul : Lha wayahe kan
kelompok, kowe ya
wis diomongi...
Erwin : Kapan lekmu omong ? ( mulai nesu )
Ipul : Ow, kowe wis pikun ya ?
Bu
Guru : He he, enek apa iki ?
Riski : Niki, Bu. Erwin kalih Dani dhekwingi mboten purun
kelompok drama.
Bu
Guru : Weh weh, lha nyapo kok ora kelompok ki ?
Erwin :
Lha kula mboten dipun cirosi kok Bu.
Bu Guru
: Iyo to le ? Ora kok omongi ?
Riski : Sampun, Bu. Tapi mboten dugi.
Bu
Guru : Lha kuwi
kowe ora teka...
Erwin :
Mboten dipun cirosi bu.
Bu
Guru : Halah wis ora usah ngeyel, ndang gek latihan kelompok
Sawise ngono, bocah papat keloipun mpok latian drama. Amarga gotong
royong akhire kelompoke iso nampilake drama kang apik lan akeh kanca-kancane
sing seneng.
Ipul : Apik banget gayamu cah, jan pantes dadi artis.
Riski : Lho ya jelas lah, sopo disek...
Ipul : Win, Dan
nyapo meneng ae ki.... wis berhasil lho
Erwin : Aku njaluk sepuro yo, Pul
Ipul : Halah, ora apa-apa.... Sing penting iki wis
sukses.
Bu Guru : Lha ya ngono, lek gotong royong bareng
kan isa
apik asile
Erwin lan Dani mulai ngrubah sikape. Sawise kuwi bocah papat
maeng oleh nilai Ujian kang paling apik dhewe. Gotong royong lan kerja keras
iku bisa ndadekake semubarang gawe dadi gampang lan oleh asil kang
becik.
Istilah-istilah jroning pagelaran drama:
Istilah-istilah
sing gegayutan karo pagelaran drama iku akeh banget. Tuladhane kaya ing ngisor
iki:
a. Adegan, yaiku perangane
saka babak sing nggambarake sawijine suwasana saka pirang-pirangane suwasana
jroning babak.
b. Akting, yaiku tikah laku
sing ditindakake paraga kang nuduhake penghayatan manut watak sing
diparagakake.
c. Aktor, wong sing
nindakake akting.
d. Bloking, yaiku obah lan
pindhane paraga drama saka panggonan siji menyang panggonan liyane ing
panggung.
e. Melo drama, yaiku salah
siji jinise lakon drama sing nggambarake lara lapane panguripan kanthi cara
kang bias nuwuhake rasa trenyuhe para penonton.
f. Follow spot, yaiku lampu
spot sing disorotake marang paraga kang bisa diobah-obahake manut mobah mosike
paraga.
g. Gimmick, yaiku adegan
pambuka sawijine lakon sing tujuwane mikut penonton supaya tansah ndeleng
terusane lakon sing arep dipentasake.
h. Intonasi, yaiku langgam
(nada suara) iramaning wicara jroning masehake tetembungan supaya ora katon
monoton.
i.
Karakter, yaiku gegambarane paraga dening penulis
lakon lumantar sakabehing ciri-ciri jiwa lan ragane tokoh.
j.
Karakter teatrikal, yaiku karakter tokoh sing ora
wajar, unik, lan luwih asifat simbolis.
Kegiatan 1 Stuktur teks
drama modern
Ing kegiatan siji bisa ngertenana wujude teks drama modern
Tugas 1 Nuwuhake pamawas
Supaya bisa nuwuhake pamawas ngenani drama modern wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor iki kanthi setiti!
1. Apa wis nate ndeleng
drama modern?
2. Ing acara apa anggonmu
ndeleng drama modern?
3. Crita apa kang
ditampilake ing drama modern?
Tugas 2 Mahami struktur teks drama
modern
Wacanen teks drama modern ing ndhuwur kanthi setiti!
Sawise maca naskah drama modern ing dhuwur wangsulana pitakon-pitakon ing ngisor ini
kanthi patitis!
1.
Sapa sing
ora teka ing latian drama kanggo ujian praktek?
2.
Ana ngendi
kok ora teka?
3.
Sapa sing
nggoleki Erwin lan Dani?
4.
Ketemu apa
ora anggone ngoleki Erwin?
5.
Akhire
bocah papat padha latian ing ngendi? Lan piye asile?
Kegiatan 2 Mahami ciri-cirine teks
drama
modern
Saka naskah drama modern ing dhuwur coba wawanrembuk karo kancamu sacara kelompok,
saben
kelompok 3 utawa 4.
Tugas 1 Ngonceki isine drama modern
Saka teks
drama ing dhuwur sebutna unsure instrinsike !
Unsur-unsur instrinsik teks drama
1.
Tema yaiku pokok pikiran sing dhasari crita.
2.
Amanat yaiku pesen sing disampekne penulis marang sing maca/penonton.
3.
Plot/alur yaiku urutane crita.
Alur ana 3:
maju, mundur lan campuran.
Maju menawa
critane saka wiwitan runtut nganti pungkasane crita.
Mundur menawa
critane saka pungkasane crita runtut nganti wiwitan crita.
Campuran menawa
critane ora runtut.
4.
Perwatakan/ karakter tokoh yaiku sifat lan tingkah lakune paraga
5.
Latar/setting yaiku panggonan ing crita.
1.
Tema
…………………………………………………………………………………………………
2.
Amanat
…………………………………………………………………………………………………
3.
Plot/ Alur
…………………………………………………………………………………………………
4.
Perwatakan
………………………………………………………………………………………………….
5.
Latar/Setting
Kegiatan
3 Mahami basa kang digunakake ing teks
drama modern
Basa kang digunakake ing teks drama modern basa kang kanggo sesrawungan saben
dina ing masyarakat jawa.
‘
Tugas 1 Milah-milahake kang klebu
basa ngoko lugu, lan karma alus.
Saka teks drama modern ing dhuwur sebutna
tuladhane ukara sing nganggo basa ngoko lugu lan krama alus!
Basa ngoko lugu
|
Basa krama alus
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Tugas 2 Gawe
teks drama modern
Gawea teks drama modern sing temane
milih salah siji saka tema ing ngisor
iki !
1.
Sinau
bareng
2.
Telat mlebu
sekolah
3.
Klambiku
ora sragam
4.
Latihan
dramband
5.
Penari
reyog
Kegiatan 1 bermain peran
Sinaunen naskah drama
modern nganti mangerteni isine
crita lan mangerteni sifate para paraga, banjur paragakna kanthi kelompok.
Tugas 1 Pamilihan peran
Gawea kelompok kang jumlahe padha karo cacahe paraga ing
naskah, banjur salarasna antarane pemain karo tokoh ing naskah, amrih bisa
ngasilake pentas kang apik.
Tugas 2 Maragakake tokoh sing ana
ing naskah drama
Paragakna kanthi trep isine naskah drama modern ing ngarep
kelas!
Kang kudu digatekake nalika maragakake tokoh yaiku:
1.
Gerak-gerike paraga
2.
Ekspresi paraga
3.
Bloking
4.
Apal naskah
5.
Lafal/pangucape sing bener
Mojokerto, 2 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Bahasa Jawa
Drs. H. …….. ……..,
S.Pd.
Nip. 19640CXXXXX Nip.
196805XXXXX
1 comments:
Your Affiliate Money Making Machine is ready -
Plus, making profit with it is as easy as 1...2...3!
Here is how it all works...
STEP 1. Input into the system what affiliate products the system will push
STEP 2. Add some PUSH BUTTON TRAFFIC (this LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the affiliate products system grow your list and sell your affiliate products all for you!
Are you ready?
Click here to launch the system
Post a Comment