Monday 2 March 2020

RPP BAHASA JAWA KELAS 7 SEMESTER GENAP K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 
(RPP)

Satuan Pendidikan            :    SMP Negeri 1 ……
Mata Pelajaran                  :    Bahasa Jawa
Kelas/Semester                   :    VII/ 2
Materi Pokok                     :    Macapat
Alokasi Waktu                   : 2 pertemuan (4jp)
______________________________________________________________________
A.      Kompetensi Inti
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang  dianutnya.
2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
Indikator


3.5  Memahami struktur tembang, unsur kebahasaan, dan pesan moral tembang macapat dan lagu kreasi secara lisan dan tulis
3.5.1    Mengidentifika-sikan struktur tembang tembang macapat.
3.5.2    Mengklasifika-sikan  unsur kebahasaan tembang macapat.
3.5.3    Menyimpulkan pesan moral tembang macapat.
4.5  Melagukan dan mengungkapkan pesan tembang macapat  dan lagu kreasi

4.5.1 Membaca notasi tembang macapat.
4.5.2 Melagukan tembang macapat
4.5.3. Mengungkapkan pesan yang terdapat dalam tembang macapat.
4.5.4 Mengarang tembang macapat sesuai dengan kaidah.

C.   Tujuan Pembelajaran

Pertemuan I  
1.      Menjelaskan struktur tembang tembang macapat dengan tepat dan penuh tanggung jawab.
2.      Melalui kegiatan diskusi dengan kerja sama peserta didik menjelaskan unsur kebahasaan tembang macapat menggunakan bahasa Jawa dengan benar dan santun. 3.
3.      Setelah membaca tembang tentang macapat berbahasa Jawa, peserta didik dapat menjelaskan pesan moral tembang macapat , dengan benar dan santun.
Pertemuan II
1.Setelah diberi contoh tembang macapat ,, peserta didik dapat menulis tembang macapat , sesuai tema dengan baik dan penuh tanggung jawab.
2.Setelah menulis tembang macapat ,, peserta didik dapat membaca indah tembang macapat , dengan baik dan santun.
3.Setelah membaca tembang macapat ,, peserta didik dapat menanggapi isi tembang macapat , yang dibacakan temannya dengan kalimat yang santun.
4.Setelah membaca tembang macapat ,, peserta didik dapat menceritakan kembali relevansi pesan moral tembang pusi berbahasa Jawa dalam kehidupan sehari-hari dengan jujur dan penuh tanggung jawab.

Fokus Penguatan Karakter : Tanggung jawab, santun, jujur.

D.   Materi Pembelajaran

·         Materi Pengetahuan
1.   Tembang macapat .
2.   Struktur tembang macapat .
3.   Unsur kebahasaan tembang macapat .
4.   Pesan moral dalam tembang macapat .
·         Materi Keterampilan
1.  Teknik menulis tembang macapat ..
2.  Teknik membaca indah tembang macapat .
3.  Teknik  menanggapi tembang macapat ..
`    4.    Teknik menceritakan kembali.
5.      Relevansi pesan moral dalam tembang macapat . dengan kehidupan sehari-hari.

E. Metode Pembelajaran    

1.          Pendekatan saintifik/Kontembangtual 
-            Mengamati
-            Menanya
-            Mengumpulkan
-            Mengasosiasi
-            Mengkomunikasikan
2.         Discovery learning

F. Model  : Pembelajaran berbasis tembang.
-          Membangun kontembang (kegiatan awal)
-          Pemodelan tembang (mengamati)
-          Bekerja kelompok
-          Bekerja individu
-           
G. Teknik Pembelajaran  :
           -  Ceramah
            -  Tanya jawab,
            -  Diskusi
            -  Praktek
            -  Pemberian tugas.

H. Media,Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.         Media:
·         Contoh tembang macapat Pucung (terlampir)
·         Penayangan materi pembelajaran menggunakan media audio visual.
2.         Alat:
·         Laptop dan LCD
·         Poster bergambar objek
·         Lembar kerja Siswa
3.        Sumber Belajar:
·         Hadi, Samsul dkk.2014. Kirtya Basa. Surabaya. Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur
·         Ismukaca. 2014. Mumpuni Basa Jawa 1. Surabaya. Nilam Media
·         Kamus Pepak Basa Jawa
·         Majalah Bahasa Jawa (Penjebar Semangat, Jaya Baya)
·         Media Informasi berbasis Internet

I. KKM : 70


J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan I

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·      Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, mengabsen kehadiran dan siswa dikondisikan untuk siap belajar tembang macapat  .
·      Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai   siswa.
·      Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat  belajar tembang macapat  .
·      Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
·      Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Peserta didik membaca tembang berjudul “Pucung dengan penuh tanggung jawab.
·         Peserta didik menyimak tembang macapat berbahasa Jawa berjudul “Pucung dengan penuh tanggung jawab.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik bertanya tentang struktur tembang macapat berjudulPucung dengan penuh percaya diri.
·         Peserta didik bertanya tentang unsur kebahasaan tembang macapat berjudulPucung dengan penuh percaya diri.
·         Peserta didik bertanya tentang pesan moral tembang macapatPucung dengan percaya diri dan santun.

3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·         Peserta didik mengumpulkan informasi tentang struktur tembangmacapat , melalui kegiatan tanya jawab dengan santun dan disiplin.
·          Peserta didik mengumpulkan informasi tentang  unsur kebahasaan tembang macapat , dengan berdiskusi secara kekeluargaan.
·         Peserta didik mengumpulkan informasi tentang pesan moral tembang macapat , melalui kegiatan membaca dengan penuh tanggung jawab.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menganalisis struktur  tembang macapat , dengan penuh tanggung jawab.
·          Peserta didik menyimpulkan  unsur kebahasaan tembang macapat , dengan penuh tanggung jawab.
·         Peserta didik menghubungkan pesan moral yang terkandung di dalam macapat   dengan kehidupan sehari-hari menggunakan bahasa jawa yang santun dan penuh tanggung jawab tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik memehami cara menyunting tembang macapat dan beberapa peserta didik maju menyampaikan hasil suntingan mereka di depan kelas dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
 40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan konsep menyunting  dan menanggapi hasil suntingan tembang paragraf deskripsi berbahasa Jawa dengan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang struktur tembang dan unsur kebahasaan dalam tembang macapat penuh tanggung jawab.
·         Peserta didik menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran, dengan pemberian tugas dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit
Pertemuan II

KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
WAKTU
Pendahuluan
·       Guru mengkondisikan suasana belajar dengan memberi salam dan menyapa siswa, siswa dikondisikan untuk siap belajar.
·       Guru melakukan apersepsi dengan bertanya jawab kepada siswa mengenai pembelajaran  tembang deskripsi  pada pertemuan sebelumnya.
·       Guru memberi motivasi belajar peserta didik mengenai  manfaat materi belajar  tembang macapat.
·       Guru menyampaikan  tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
Guru menyampaikan  materi  pembelajaran yang akan dilakukan dan tagihan penilaian.
10 menit
Kegiatan inti
Peserta didik bersama guru melakukan pembelajaran berbasis saintifik dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.  Mengamati
·         Peserta didik mengamati rekaman pembacaan macapat ,.
2.  Menanya
(Pertanyaan/identifikasi masalah)
·         Peserta didik menanya penampilan pembaca macapat , dengan penuh percaya diri.
3.  Menalar/mengeksplorasi
(Pengumpulan data)
·         Peserta didik mencari konsep  tentang teknik menulis tembang macapat   berbahasa Jawa secara mandiri dengan santun dan tanggung jawab.
4.  Mengasosiasi
(Pengolahan data)
·         Peserta didik menulis (membuat) tembang macapat   berbahasa Jawa secara mandiri (kerja mandiri) dengan penuh tanggung jawab.
5.  Mengomunikasikan
(Pembuktian)
·         Peserta didik memehami cara menulis tembang macapat   berbahasa Jawa secara mandiri.
·         Peserta didik maju menyampaikan hasil penulisan tembang macapat   yang dibuatnya dengan percaya diri dan bertanggung jawab.
40 menit
Evaluasi

·         Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru yang berkaitan dengan  cara menulis tembang macapat   berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab dan santun.
5 menit
Penutup

·         Dengan bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pelajaran tentang  cara menulis tembang macapat   berbahasa Jawa secara mandiri dengan penuh tanggung jawab.
·         Guru mengajak peserta didik mengucap syukur agar ilmunya bermanfaat.
·         Guru mengucap salam penutup.
5 menit

Penilaian
1.      Teknik Penilaian
a.       Penilaian sikap  dilakukandengan teknik observasi melalui jurnal secara tidak langsung.
b.      Penilaian pengetahuan dilakukan dengan teknik tes tulis.
c.       Penilaian keterampilan dilakukan dengan teknik kinerja.

2.      Instrumen Penilaian
a.      Instrumen jurnal
Contoh:
Jurnal Perkembangan Sikap Spiritual
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1


·          







Jurnal Perkembangan Sikap Sosial
Nama Sekolah      : SMP Negeri 1 Gondang
Kelas/Semester     : VII/Ganjil
Tahun pelajaran    : 2019/ 2020

‘No
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1.





2
dst.







1. Penilaian Pengetahuan


No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
  1.  
Menjelaskan struktur tembang macapat , berjudul “ Pucung”


  1.  
Menentukan unsur kebahasaan tembang macapat , berjudul “ Pucung”


  1.  
Menjelaskan makna kata sukar dalam tembang macapat , berjudul “ Pucung”


  1.  
Menjawab pertanyaan terkait isi tembang macapat , berjudul “ Pucung”


  1.  
Menyimpulkan isi tembang macapat , berjudul “ Pucung”


Tes Lisan :
Menilai pemahaman perserta didik tentang pesan moral yang terdapat dalam tembang macapat berjudul “ Pucung”


  1.  
Menjelaskan pesan moral tembang macapat , berjudul “ Pucung”




Instrumen: lihat Lampiran 02.
1.    Keterampilan
a.    Teknik Penilaian     : P1= Evaluasi Produk dan P2= evaluasi unjuk kerja
b.    Bentuk Instrumen   : Lembar Penilaian
c.      Kisi-kisi:

No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
1.

2.
3.
Peserta didik menyajikan hasil apresiasi dalam bentuk karya tulis sederhana.
Peserta didik membuat tembang macapat
Peserta didik membaca tembang macapat



Instrumen: lihat Lampiran 03

 NILAI =   (Skor yang didapat/Skor maks) x 100


                                                                                                   Mojokerto, 2 Januari 2020
              Mengetahui,                                                                                                             
              Kepala Sekolah                                                            Guru Bahasa Jawa


              Drs. H. ………                                                            ………., S.Pd.
       Nip. 19640XXXXXXX                                                  Nip. 19680XXXXX




















LAMPIRAN-LAMPIRAN:
(1)               Materi/ Bahan Ajar
(2)               Alat Evaluasi. (Contoh)

Lampiran 01
Lembar Pengamatan Diri
1.      Wenehana tanda centang (√) ing andharan(pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing koklakoni.
2.  Katrangan kanggo mbiji pakulinan (kebiasaan):
5   =   ajeg
4   =   kerep
3   =   arang-arang
2   =   tau
1   =   blas
2.    Lembar Pengamatan
No.
Aspek penilaian
Kriteria
5
4
3
2
1
1
a.     Kulina donga (ngucap/nulis krana Gusti Kang Maha Kuwasa) sadurunge miwiti blajar basa Jawa





b.     Kulina migunakake basa Jawa kanggo ngomong karo sapa bae (guru, kanca) nalika jam pelajaran Basa Jawa.





c.     Kulina ngetrapake tata krama nalika srawung karo kancane





d.    Kulina ngetrapake tatakrama nalika matur karo gurune.





2
·      Jujur nalika njawab pitakon-pitakon ngenani wacanamacapat  manut panemune dhewe.





3
·       Tanggungjawab marang tugas pribadi
·       Tanggungjawab marang tugas kelompok.





4
·       Ngurmati panemune wong liya nalika diskusi.
·       Migunakake tembung kang pas (ora kasar lan kemproh) nalika ngomong lan takon ing diskusi.





5
·      Nggatekake nalika nyemak tembang macapat.
·      Tertarik, pingin ngerti lansinautembang macapat.






                                     
                                                                 

Lampiran 02
Lembar Pemgetahuan
A.         Tembang Macapat
Tembang macapat ing ngisor iki wacanen kanthi trep!
POCUNG 
(Laras Slendro Pathet Sanga)

6          6        5         3         1        1        1       2       6       6       5       3
Ba  –  pa    po   –  cung      du  -   du      wa  -  tu    du  -  du     gu  -  nung
1          2        6         3          2         1
Sa -    ba  -  mu       ing      sen -    dang
1          2       1         3          2         1        2  1      6
Pen  -  co  -  kan  -  mu      lam  - bung      ke   -  ring
6         1        2        3          2        2         1        6        3        5        3        2
Prap - teng   wis  - ma      si    -   po  - cung    mun  - tah     gu   -  wa  -  ya














Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................

Gladhen 1
a.    Pitakon ing ngisor iki wangsulana!
Tuladha :
·      Tembang ing dhuwur jinise apa?
pucung
Golekana guru wialngan, gatra, lan swarane ?
Gladhen 2 : dhiskusikna karo kanca-kancamu!
1.      Kepriye sifate tembag ing dhuwur
2.      Sebutna gegayutane karo relevansi sajrone bebrayan!


































Lampiran 03
Lembar Pengamatan Portofolio Hasil Tulisan
                                                                    Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................

Wenehana tandha centhang (√) ing andharan(pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing kokamati, tulisane kancamu.      

(1)  Gawea karangan macapat kanthi tema “humor”!

No.
Nama
Mengarang Macapat

Butir Soal C1
Diksi
Kalimat
Isi
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4






































































































































(2)   Wacanen tembang macapat ana ngarep kelas!



Nama
Membaca Macapat

Butir Soal C2
Intonasi
Ekspresi
Gesture/Gerak
Bahasa
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

























































Rubrik/ Penafsiran angka : 1. kurang, 2. cukup, 3. baik, 4. amat baik
             

LAMPIRAN MATERI/ BAHAN AJAR
Macapan yaiku dhapukaning basa mawa paugeran  (guru gatra,guru wilangan lan guru lagu) tinamtu lan anggone maca kudu dilagokake nganggo kagunan swara.
·         Guru gatra          : cacahing gatra  (ukara/larikan)  saben sapadha
·         Guru wilangan    : cacahing wanda saben gatra
·         Guru lagu           : unine aksara ing wanda pungkasan saben gatra
1.       Paugerane Tembang Macapat 
      Paugeran tembang macapat iku kebagi dening guru lagu, guru wilangan, lan guru gatra.

No
Asmaning Sekar
Guru Lagu lan Guru Wilangan
I
II
III
IV
V
VI
VII
VIII
IX
X
1
Pocung
12u
6a
8i
12a






2
Maskumambang
12i
6a
8i
8a






3
Megatruh
12u
8i
8u
8i
8o





4
Gambuh
7u
10u
12i
8u
8o





5
Kinanthi
8u
8i
8a
8i
8a
8i




6
Mijil
10i
6o
10e
10i
6i
6u




7
Durma
12a
7i
6a
7a
8i
5a
7i



8
Asmaradana
8i
8a
8e/8i
8a
7a
8u
8u



9
Pangkur
8a
11i
8u
7a
12u
8a
8i



10
Sinom
8a
8i
8a
8i
7i
8u
7a
8i
12a

11
Dandhang Gula
10i
10a
8e/8i
7u
9i
7a
6u
8a
12i
7a


2.       Watak lan Gunane Tembang

No
Asmaning Sekar
Watak
Gunane

1
Pocung
sasenenge
medhar rasa sakepenake, ora tenanan


2
Maskumambang
susah, nelangsa, prihatin, kelara-lara
nggambarake rasa sedih


3
Megatruh
susah, sedih, keranta-ranta
medharake rasa sedih, keranta-ranta, gela


4
Gambuh
lugas, blaka, tanpa ragu2
medharake rasa paseduluran,lan tulusing ati


5
Kinanthi
gembira, mesra
paring pitutur uga medharake rasa trena asih


6
Mijil
trenyuh, kepilut, gandrung
medharake raos trenyuh kapiliut tresna asih lan pitutur


7
Durma
nesu, sereng muntap
sesorah kang sereng, perangan nalika tantangan


8
Asmaradana
sengsem, susah, prihatin amerga asmara
medharake rasa susah  lan kasmaran


9
Pangkur
gagah, greget sereng
kanggo paring pitutur


10
Sinom
seneng, gembira, mencutaken prasaja
nggambarake swasana kang sigrak, semanak


11
Dandhang Gula
manis, luwes, sengsem
medharake swasasna apa bae



3.       Sasmita tembang yaiku layang kang sinambung ing njero tembang
No
Asmaning Sekar
Sasmitaning Sekar
1
Pocung
bapak pocung, wohing kaluwak, pamucunge mring makripat
2
Maskumambang
mas kiritir ing warih, timbul ing warih,kambang2
3
Megatruh
denira ngidung, ing truh, anduduk kewala, kang sinerung
4
Gambuh
murweng  gambuh, wus gambuh
5
Kinanthi
hersayeng kayun, kanthinira, datan kinanthi
6
Mijil
wijiling tapa , wa kawijil, tembung pamiyos
7
Durma
nanguduri, mundur ing prang
8
Asmaradana
rasaning kingkin, nawung brangtiasmaradana
9
Pangkur
mingkuring ing angkara
10
Sinom
anom, taruna, srinata, wong anom sira, taru-tarina
11
Dandhang Gula
wonten kandha rinenggeng hartati, madumanis



                                                                                                   Mojokerto, 2 Januari 2020
              Mengetahui,                                                                                                             
              Kepala Sekolah                                                            Guru Bahasa Jawa


              Drs. H. ,………                                                           …….., S.Pd.
       Nip. 19640XXXX                                                         Nip. 19680XXXX


0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads