RPP BAHASA JAWA KELAS 7 SEMESTER GENAP K13
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMPN I ……
Mata
Pelajaran : Bahasa Jawa
Kelas
/ Semester : VII / 2
Materi
Pokok : Aksara
Jawa
Alokasi
Waktu : 2 Pertemuan (40 x 4 jam
pelajaran)
A. Kompetensi Inti
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
2.
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.
Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.6 Memahami kaidah penulisan teks berupa kalimat
sederhana dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ.
|
3.6.1 Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa/ carakan
Madhurâ yang mengandung sandangan /pangangghuy
3.6.2 Mengindentifikasi penulisan teks kalimat
sederhana aksara
Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
3.6.3 Menyebutkan
kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy.
3.6.4 Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung pasangan.
|
4.6 Membaca
dan menulis kalimat sederhana dengan aksara Jawa./carakan
Madhurâ
|
4.6.1 Membaca teks kalimat sederhana dengan
dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy
dan pasangan.
4.6.2 Menulis teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang
mengandung sandhangan/ pangangghuy
dan pasangan.
4.6.3 Mananggapi atau memberi komentar hasil
pekerjaan temannya.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Sikap
Sikap Spiritual
1. Dengan terlibat secara
aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik
dapat berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran dengan baik .
2. Dengan
terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara Jawa./carakan Madhurâ, peserta
didik dapat menggunakan bahasa daerah sebagai sarana memahami informasi tulis
dengan tepat.
3. Dengan
terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara Jawa./carakan Madhurâ, peserta
didik dapat menggunakan bahasa daerah sebagai sarana menyajikan informasi
tulis sesuai dengan tata krama/santun.
Sikap Sosial
1.
Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara jawa, peserta
didik memiliki sikap jujur dalam membuat tanggapan tentang kaidah
penulisan teks aksara
Jawa./carakan Madhurâ agar memiliki perilaku percaya diri dan
jujur atas karya budaya masyarakat daerah yang penuh makna.
2.
Dengan terlibat secara aktif
dalam proses pembelajaran aksara
Jawa./carakan Madhurâ, peserta didik kreatif dalam menuliskan kalimat-kalimat dalam bentuk teks dengan aksara Jawa./carakan
Madhurâ.
Pengetahuan
1.
Melalui kegiatan tanya
jawab, peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara
Jawa./carakan Madhurâ yang mengandung
sandhangan/pangangghuy dengan tepat .
2.
Melalui kegiatan tanya jawab ,
peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan teks
kalimat sederhana aksara Jawa./carakan
Madhurâ
yang mengandung
pasangan dengan
benar.
3.
Melalui kegiatan tanya jawab,
peserta didik dapat menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy.
4.
Melalui kegiatan tanya jawab,
peserta didik dapat Menyebutkan kaidah
penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung
pasangan dengan benar
Keterampilan
1.
Setelah belajar
tentang penulisan aksara
jawa,
peserta didik dapat membaca teks
kalimat sederhana dengan aksara
Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan sandhangan/pangangghuy dan pasangan.
2.
Setelah belajar
tentang aksara jawa,
peserta didik dapat menulis teks
kalimat sederhana dengan aksara
Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/pangangghuy dan pasangan dengan
jujur.
3.
Setelah belajar
tentang pesan moral dalam penulisan
aksara jawa, peserta didik dapat menanggapi atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya
dan merelevansikan
pesan moral dalam
kehidupan sehari-hari.
D. Materi Pembelajaran
Berikut
ini disampaikan pokok-pokok materi penulisan aksara Jawa./ carakan Madhurâ. Secara rinci materi disampaikan pada uraian dalam
Buku Siswa.
1) Teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ.
2) Teks
kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan
Madhurâ yang mengandung
sandhangan/pangangghuy.
3) Teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
4) Teknik
menanggapi penulisan atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya tentang
teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan
Madhurâ yang mengandung sandhangan/pangangghuy
dan pasangan.
E.
Metode
1.
|
Pendekatan
|
:
|
Pendekatan
Scientific
|
2.
|
Model
|
:
|
Model
Pembelajaran Langsung (MPL)
|
3.
|
Metode
|
:
|
Modelling,
tanya jawab, latihan
|
4.
|
Teknik
|
:
|
Demontrasi
latihan
|
F.
KKM : 75
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan 1
Pertemuan 2
|
H. Alat dan Sumber Belajar
1.
Alat
dan media : Visual, LCD, Alat tulis, Tulisan Sederhanz
2.
Sumber Belajar : Buku basa Jawa jilid A
Buku wewaton
Lks
I.
Penilaian
1. Sikap spiritual dan sosial
a. Tehnik
Penilaian : Pengamatan/ Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta Didik,
b. Bentuk
Instrumen : Lembar Observasi, Lembar Angket
c. Kisi
– kisi :
LEMBAR OBSERVASI
No
|
Sikap/Nilai
|
Indikator
|
Rubrik
Penilaian
|
Butir Pertanyaan
|
|
1.1 Menghargai dan mensyukuri
keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan
keterampilan berbahasa daerah, serta
untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya
pembinaan dan pengembangan
kebudayaan Nasional.
|
1.1.1
Berdoa
sebelum memulai dan sesudah kegiatan belajar bahasa daerah
1.1.2
Menggunakan
bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan tata krama.
|
|
|
|
1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai
anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan
tulis.
|
1.3.1 Menggunakan bahasa
daerah sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis sesuai dengan tata krama
|
|
|
|
2.3 Memiliki perilaku jujur dan
kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses tata
berbentuk linear dengan krama yang santun
|
2.3.1 Jujur dalam
mengungkapkan tanggapan tentang kaidah penulisan teks aksara Jawa./ carakan
Madhurâ.
.
2.3.2 Kreatif
menuliskan kalimat – kalimat dalam bentuk teks dengan aksara
Jawa./ carakan
Madhurâ.
|
|
|
2.
Pengetahuan
a. Tehnik
Penilaian : Tes tulis/tes lisan,
penugasan (produk)
b. Bentuk
Isntrumen : Tes Objektif, Tes Uraian
Non Objektif/ Uraian Objektif
c. Kisi
– kisi :
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
No
|
Indikator
|
Rubrik
Penilaian
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Mengindentifikasi
penulisan teks kalimat sederhana
aksara Jawa/ carakan
Madhurâ yang mengandung sandangan /pangangghuy
|
|
|
2
|
Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung pasangan
|
|
|
3
|
Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy
|
|
|
4
|
Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung pasangan.
|
|
|
Tes
lisan:
Menilai
pengetahuan peserta didik tentang
penulisan teks kalimat sederhana aksara
Jawa./ carakan
Madhurâ yang mengandung pasangan dan sandangan /pangangghuy
|
|
|
3. Keterampilan
a. Teknik Penilaian : P1= Evaluasi
Produk P2= Evaluasi Unjuk Kerja/
Tes Praktik
b. Bentuk Instrumen : Lembar Penilaian
c. Kisi-kisi :
LEMBAR
PENILAIAN KETERAMPILAN
No.
|
Indikator
|
Rubrik
Penilaian
|
Butir
Instrumen
|
1.
|
Membaca teks
kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/
pangangghuy dan pasangan..
|
|
P1
|
2.
|
Menulis teks
kalimat sederhana dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/
pangangghuy dan pasangan
|
|
P1
|
3.
|
Menanggapi
atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya.
|
|
P2
|
*) Terlampir pada lembar penilaian.
Mojokerto,
2 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
Drs. H. …… ………
S.Pd.
Nip. 19640XXXX Nip.
19680XXXX
LAMPIRAN-LAMPIRAN
:
I.
LAMPIRAN MATERI :
Aksara Jawa Legena
Pasangan Aksara Jawa
Sandhangan
Swara
= wulu diwaca i
= pepet diwaca ê
= suku diwaca u
=
taling diwaca é
--- =
taling—tarung diwaca o
Sandhangan
Panyigeg Wanda
=
ceceg kanggo
sigeg (ng)
= layar kanggo
sigeg (r)
=
wigyan kanggo sigeg (h)
= pakon kanggo mateni aksara
Sandhangan
Wyanjana
= cakra kanggo
(ra)
= kêrêt kanggo
(rê)
= pêngkal kanggo (ya)
GLADHEN
II. LAMPIRAN EVALUASI
A.
Lembar Pengamatan Diri
1.
Wenehana tanda centang (√) ing
andharan (pernyataan)
sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing koklakoni.
2.
Katrangan kanggo mbiji pakulinan
(kebiasaan) :
5
= ajeg ; 4
= kere ;3
= arang-arang ;;2
= tau ;1
= blas
3.
Lembar pengamatan
No.
|
Aspek penilaian
|
Skala Penilaian
|
||||
5
|
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
a.
Kulina
ndonga sadurunge miwiti lan mungkasi pasinaon Basa Jawa.
|
|
|
|
|
|
b.
Kulina
migunakake Basa Jawa kanggo ngomong karo sapa bae (guru, kanca) nalika jam
pelajaran.
|
|
|
|
|
|
|
c.
Kulina
ngetrapake tatakrama nalika ing pasrawungan.
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Jujur
nalika mangsuli pitakon-pitakon ngenani aksara Jawa/carakan
Madhurâ yang
mengandung sandhangan/pangangghuy
dan pasangan manut panemune dhewe.
|
|
|
|
|
|
3
|
a.
Tanggungjawab marang tugas
pribadi
|
|
|
|
|
|
b.
Tanggungjawab marang tugas
kelompok.
|
|
|
|
|
|
|
4
|
a.
Ngurmati panemune wong liya
nalika diskusi.
b.
Migunakake tembung kang pas
(ora kasar lan kemproh) nalika ngomong lan takon ing diskusi.
|
|
|
|
|
|
Nama :
.............................
Kelas/No
absen : ................
B.
Pengetahuan
Wangsulana kanthi trep !
1.
Apa irah-irahan wacan ing nduwur ...
a.
Jakarta c.
Jawa Timur
b.
Jawa Tengah d. Jawa
Barat
2.
Propinsi ngendi sing dicritakake ing wacan ...
a.
Jakarta c.
Jawa Timur
b.
Jawa Tengah d. Jawa Barat
3.
Propinsi sing kasebut ing wacan panggonane ana ngendi ...
a.
Pulo Jawa c. Pulo
Medura
b.
Pulau Jawa d. Pulau
Jowo
4.
Sandangan swara apa wae kang digunakake ing wacan ...
a.
i, u, e, o c.
i, u, e, h
b.
i, u, e, ng d.
i, u, o, ng
5.
Sandhangan wyanjana apa kang digunakake ing wacan ...
a.
cakra c.
pengkal
b.
keret d.
wigyan
Tulisen nganggo aksara jawa
a. Numpak Bis
b. Bis Sriti
Nama :
.............................
Kelas/No
absen : ................
C. Lembar
Pengamatan portofolio hasil tulisan
Wenehana
tandha centhang (√) ing andharan (pernyataan) sing kokanggep paling pas karo
kanyatan sing kokamati, tulisane kancamu.
1. Katrangan
kanggo mbiji:
2 =
pas
1 =
ora pas
2. Lembar
pengamatan
No.
|
Aspek penilaian
|
Skala Penilaian
|
|
2
|
1
|
||
1.
|
Tulisan (hasil tulisan/karya tulis
sederhana) sing
pas karo kaidah ejaan lan
penulisan ing tata tulis aksara Jawa / carakan
Madhurâ yang mengandung sandhangan / pangangghuy dan pasangan .
|
|
|
LEMBAR PENGAMATAN
PRAKTIK OLEH GURU
No
|
Nama
|
Tulisan (hasil
tulisan/karya tulis sederhana) pas karo kaidah karo kaidah ejaan lan
penulisan ing tata tulis aksara
Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan
/ pangangghuy dan pasangan ing basa Jawa.
|
|||||||||||||||||
Panulisan
aksara jawa
|
Panulisan
sandhangan
|
Panulisan
pasangan
|
|||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|||||
1
|
A
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
2
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3
|
C
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
Mojokerto,
2 Januari 2020
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Bahasa Jawa
Drs. H. ……. …….,
S.Pd.
Nip. 19640XXXX Nip.
19680XXXXX
0 comments:
Post a Comment