Monday 2 March 2020

RPP BAHASA JAWA KELAS 7 SEMESTER GENAP K13



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan                  :  SMPN I ……
Mata Pelajaran                        :  Bahasa Jawa
Kelas / Semester                      :  VII / 2
Materi Pokok                          : Aksara Jawa
Alokasi Waktu                        : 2 Pertemuan (40 x 4 jam pelajaran)

A.  Kompetensi Inti
1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.        Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
3.        Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.        Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.6 Memahami kaidah penulisan teks berupa kalimat sederhana dengan  aksara Jawa./carakan Madhurâ.

3.6.1 Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa/ carakan Madhurâ yang mengandung sandangan /pangangghuy  
3.6.2 Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung  pasangan.
3.6.3  Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy.
3.6.4 Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.

4.6     Membaca dan menulis kalimat sederhana dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ

4.6.1 Membaca teks kalimat sederhana dengan dengan  aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy  dan pasangan.
4.6.2 Menulis teks kalimat sederhana dengan  aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy  dan pasangan.
4.6.3 Mananggapi atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya.


C.  Tujuan Pembelajaran
Sikap
Sikap Spiritual
1.    Dengan  terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik   dapat berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran  dengan baik .
2.    Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara Jawa./carakan Madhurâ, peserta didik dapat menggunakan bahasa daerah sebagai sarana memahami informasi tulis dengan tepat.
3.    Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara Jawa./carakan Madhurâ, peserta didik dapat menggunakan bahasa daerah sebagai sarana menyajikan informasi tulis  sesuai dengan tata krama/santun.
Sikap Sosial
1.        Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara jawa, peserta didik memiliki sikap jujur dalam membuat tanggapan tentang kaidah penulisan teks aksara Jawa./carakan Madhurâ agar memiliki perilaku percaya diri dan jujur atas karya budaya masyarakat daerah yang penuh makna.
2.        Dengan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran aksara Jawa./carakan Madhurâ, peserta didik kreatif dalam menuliskan kalimat-kalimat dalam bentuk teks dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ.
Pengetahuan
1.        Melalui kegiatan tanya jawab,  peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./carakan Madhurâ  yang mengandung sandhangan/pangangghuy dengan tepat .
2.        Melalui kegiatan tanya jawab , peserta didik dapat mengidentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./carakan Madhurâ  yang mengandung pasangan dengan benar.
3.        Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy.
4.        Melalui kegiatan tanya jawab, peserta didik dapat Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung pasangan dengan benar
Keterampilan
1.       Setelah belajar tentang penulisan aksara jawa, peserta didik dapat membaca teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan sandhangan/pangangghuy dan pasangan.
2.       Setelah belajar tentang aksara jawa, peserta didik dapat menulis teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ  yang mengandung sandhangan/pangangghuy dan pasangan dengan jujur.
3.       Setelah belajar tentang pesan moral dalam penulisan aksara jawa, peserta didik dapat menanggapi atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya dan merelevansikan pesan moral dalam kehidupan sehari-hari.

D.  Materi Pembelajaran
Berikut ini disampaikan pokok-pokok materi penulisan aksara Jawa./ carakan Madhurâ. Secara rinci materi disampaikan pada uraian dalam Buku Siswa.

1)    Teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ.
2)                Teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/pangangghuy.
3)    Teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
4)    Teknik menanggapi penulisan atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya tentang teks kalimat sederhana dengan dengan aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/pangangghuy  dan pasangan.
E.   Metode 
1.
Pendekatan
:
Pendekatan Scientific
2.
Model
:
Model Pembelajaran Langsung (MPL)
3.
Metode
:
Modelling, tanya jawab, latihan
4.
Teknik
:
Demontrasi latihan

F.    KKM        : 75

G.  Kegiatan Pembelajaran


Pertemuan 1
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENGORGANISASIAN
SISWA
WAKTU
Pembuka
·       Guru menguccapkan salam
·       Guru menanyakan kabar siswa “Bagaimana kabar kalian hari ini?”
·       Sebelum memulai pembelajaran guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa menggunakan bahasa daerah
·       Guru mengecek kehadiran siswa
·       Guru menyampaikan tentang materi hari ini yaitu tentang asal usul sejarah, bentuk, penggunaan, dan tata cara penulisan tentang aksara jawa.
·       Guru menyampaikan tujuan dan orientasipelajarankepadasiswa untuk hari ini.
Klasikal
10
Menit
Inti
Mengamati :
Ø Peserta didik membaca teks berupa kalimat sederhana dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ
Ø Peserta didik menandai aksara Jawa./carakan Madhurâ
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang aksara Jawa./carakan Madhurâ.
Ø Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi tentang kaidah penulisan teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ  
Mengumpulkan Informasi:
Ø Peserta didik membaca beberapa contoh teks yang menggunakan aksara Jawa/carakan Madhurâ
Ø Peserta didik berlatih membaca teks aksara Jawa/carakan Madhurâ
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat yang aksara Jawa/carakan Madhurâ
Ø  Mengasosiasikan:
Ø Peserta didik menganalisis  penulisan kalimat dari beberapa teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ  yang disajikan.
Ø Peserta didik membandingkan penulisan kalimat dari beberapa teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang disajikan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menulis teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ
Ø Peserta didik membaca teks berupa kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ
-          Peserta didik menanggapi atau memberikan komentar pekerjaan temannya.
Klasikal


















70
Menit
Penutup
·       Guru  membimbing  siswa melakukan refleksi.
·       Guru memberikan peugasan untuk mengetahu kemampuan siswa selama pembelajaran
·       Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing menggunakan bahasa daerah
·       Menutup pelajaran dengan salam
Klasikal

10
Menit

Pertemuan 2
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENGORGANISASIAN
SISWA
WAKTU
Pembuka
·       Guru menguccapkan salam
·       Guru menanyakan kabar siswa “Bagaimana kabar kalian hari ini?”
·       Sebelum memulai pembelajaran guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin berdoa menggunakan bahasa daerah
·       Guru mengecek kehadiran siswa
·       Guru menyampaikan tentang materi hari ini yaitu tentang asal usul sejarah, bentuk, penggunaan, dan tata cara penulisan tentang aksara jawa.
·       Guru menyampaikan tujuan dan orientasipelajarankepadasiswa untuk hari ini.
Klasikal
10
Menit
Inti
Mengamati :
Ø Peserta didik membaca teks berupa kalimat sederhana dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
Ø Peserta didik menandai aksara Jawa./carakan Madhurâ yang mengandung pasangan dalam teks.
Menanya:
Ø Peserta didik bertanya jawab tentang pasangan dalam aksara Jawa./carakan Madhurâ.
Ø Peserta didik bertanya jawab dan berdiskusi tentang kaidah penulisan teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa./carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
Mengumpulkan Informasi:
Ø Peserta didik membaca beberapa contoh teks yang menggunakan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
Ø Peserta didik mengidentifikasi penulisan pasangan yang terdapat dalam teks.
Ø Peserta didik berlatih membaca teks aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.
Ø Peserta didik berlatih menulis kalimat yang mengandung pasangan.
Ø Mengasosiasikan:
Ø Peserta didik menganalisis  penulisan kalimat dari beberapa teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan yang disajikan.
Ø Peserta didik membandingkan penulisan kalimat dari beberapa teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan  yang disajikan.
Mengomunikasikan:
Ø Peserta didik menulis teks kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan
Ø Peserta didik membaca teks berupa kalimat sederhana dengan aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung pasangan
-          Peserta didik menanggapi atau memberikan komentar pekerjaan temannya.
Klasikal


















70
Menit
Penutup
·       Guru  membimbing  siswa melakukan refleksi.
·       Guru memberikan peugasan untuk mengetahu kemampuan siswa selama pembelajaran
·       Guru mengajak siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing menggunakan bahasa daerah
·       Menutup pelajaran dengan salam
Klasikal

10
Menit


H.  Alat dan Sumber Belajar
1.        Alat  dan media     :   Visual, LCD, Alat tulis, Tulisan Sederhanz                 
2.        Sumber  Belajar     :   Buku  basa  Jawa jilid A
                                   Buku wewaton
                                   Lks
I.     Penilaian
1. Sikap spiritual dan sosial
a.    Tehnik Penilaian    :    Pengamatan/ Observasi, Penilaian Diri, Penilaian Antar Peserta    Didik,
b.    Bentuk Instrumen  :    Lembar Observasi, Lembar Angket
c.    Kisi – kisi               :   





LEMBAR OBSERVASI

No
Sikap/Nilai
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Pertanyaan

1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk meningkatan pengetahuan dan keterampilan berbahasa daerah, serta   untuk melestarikan dan mengembangkan budaya daerah untuk didayagunakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan  kebudayaan  Nasional.

1.1.1   Berdoa sebelum memulai dan sesudah kegiatan belajar bahasa daerah
1.1.2   Menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi dengan tata krama.











1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa daerah sebagai anugerah Tuhan yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.1  Menggunakan bahasa daerah sebagai sarana menyajikan informasi lisan dan tulis  sesuai dengan tata krama




2.3 Memiliki perilaku jujur dan kreatif dalam memaparkan langkah-langkah suatu proses tata berbentuk linear dengan krama yang santun
2.3.1  Jujur dalam mengungkapkan tanggapan tentang kaidah penulisan teks aksara Jawa./ carakan Madhurâ.
.
2.3.2 Kreatif menuliskan kalimat – kalimat dalam bentuk teks dengan aksara Jawa./ carakan Madhurâ.



2.  Pengetahuan
a.    Tehnik Penilaian       : Tes tulis/tes lisan, penugasan (produk)
b.    Bentuk Isntrumen    : Tes Objektif, Tes Uraian Non Objektif/ Uraian Objektif
c.    Kisi – kisi                 :
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN

No
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
1
Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa/ carakan Madhurâ yang mengandung sandangan /pangangghuy  


2
Mengindentifikasi penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung  pasangan


3
Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy  


4
Menyebutkan kaidah penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung pasangan.


Tes lisan:
Menilai pengetahuan  peserta didik tentang penulisan teks kalimat sederhana aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung  pasangan dan sandangan /pangangghuy  




3.  Keterampilan
a.   Teknik Penilaian    :   P1= Evaluasi Produk        P2= Evaluasi Unjuk Kerja/ Tes Praktik
b.   Bentuk Instrumen :   Lembar Penilaian
c.   Kisi-kisi                 :


LEMBAR PENILAIAN  KETERAMPILAN

No.
Indikator
Rubrik Penilaian
Butir Instrumen
1.
Membaca teks kalimat sederhana dengan dengan  aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy  dan pasangan..

P1
2.
Menulis teks kalimat sederhana dengan  aksara Jawa./ carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/ pangangghuy  dan pasangan

P1
3.
Menanggapi atau memberi komentar hasil pekerjaan temannya.

P2
                                     
*)    Terlampir pada lembar penilaian.
                                                                                    Mojokerto, 2 Januari 2020
              Mengetahui,                                                                                                             
              Kepala Sekolah                                                            Guru Bahasa Jawa


              Drs. H. ……                                                                ……… S.Pd.
       Nip. 19640XXXX                                                         Nip. 19680XXXX

LAMPIRAN-LAMPIRAN :

I.     LAMPIRAN  MATERI :
Aksara Jawa Legena
 




Pasangan Aksara Jawa
 





Sandhangan Swara
                   =  wulu                     diwaca    i   
                   = pepet                     diwaca   ê
                   = suku                      diwaca  u
                   = taling                     diwaca  é
       ---        = taling—tarung      diwaca  o

Sandhangan Panyigeg Wanda
       =  ceceg                    kanggo sigeg (ng)  
                   =  layar                     kanggo sigeg (r)
                   = wigyan                  kanggo sigeg (h)
                   = pakon                    kanggo mateni aksara



Sandhangan Wyanjana
                   =  cakra                    kanggo (ra)
                   =  kêrêt                     kanggo (rê)
                   =  pêngkal                kanggo (ya)

GLADHEN    







II.    LAMPIRAN EVALUASI

A.    Lembar Pengamatan Diri

1.      Wenehana tanda centang (√) ing andharan (pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing koklakoni.                         
2.      Katrangan kanggo mbiji pakulinan (kebiasaan) :
5   =   ajeg   ; 4   =   kere  ;3   =   arang-arang   ;;2   =   tau    ;1   =   blas

3.      Lembar pengamatan
No.
Aspek penilaian
Skala Penilaian
5
4
3
2
1
1
a.     Kulina ndonga sadurunge miwiti lan mungkasi pasinaon Basa Jawa.





b.     Kulina migunakake Basa Jawa kanggo ngomong karo sapa bae (guru, kanca) nalika jam pelajaran.





c.     Kulina ngetrapake tatakrama nalika ing pasrawungan.





2
Jujur nalika mangsuli pitakon-pitakon ngenani aksara Jawa/carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan/pangangghuy  dan pasangan manut panemune dhewe.





3
a.          Tanggungjawab marang tugas pribadi





b.         Tanggungjawab marang tugas kelompok.





4
a.          Ngurmati panemune wong liya nalika diskusi.
b.         Migunakake tembung kang pas (ora kasar lan kemproh) nalika ngomong lan takon ing diskusi.






                                                                                Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................

B.    Pengetahuan

Wangsulana kanthi trep !

1.         Apa irah-irahan wacan ing nduwur ...
a.    Jakarta                           c. Jawa Timur
b.    Jawa Tengah                 d. Jawa Barat

2.         Propinsi ngendi sing dicritakake ing wacan ...
a.    Jakarta                           c. Jawa Timur
b.    Jawa Tengah                 d. Jawa Barat

3.         Propinsi sing kasebut ing wacan panggonane ana ngendi ...
a.    Pulo Jawa                      c. Pulo Medura
b.    Pulau Jawa                    d. Pulau Jowo

4.         Sandangan swara apa wae kang digunakake ing wacan ...
a.    i, u, e, o                         c. i, u, e, h
b.    i, u, e, ng                       d. i, u, o, ng

5.         Sandhangan wyanjana apa kang digunakake ing wacan ...
a.    cakra                             c. pengkal
b.    keret                              d. wigyan


Tulisen nganggo aksara jawa

a.     Numpak Bis
b.    Bis Sriti

                                       










                                                                    Nama  :  .............................
                                                                    Kelas/No absen : ................

C.    Lembar Pengamatan portofolio hasil tulisan
Wenehana tandha centhang (√) ing andharan (pernyataan) sing kokanggep paling pas karo kanyatan sing kokamati, tulisane kancamu.
           
1.      Katrangan kanggo mbiji:
2   =   pas
1   =   ora pas

2.      Lembar pengamatan

No.
Aspek penilaian
Skala Penilaian
2
1
1.
Tulisan (hasil tulisan/karya tulis sederhana) sing pas karo kaidah ejaan lan penulisan ing tata tulis aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan / pangangghuy  dan pasangan .




LEMBAR PENGAMATAN PRAKTIK OLEH GURU

No
Nama
Tulisan (hasil tulisan/karya tulis sederhana) pas karo kaidah karo kaidah ejaan lan penulisan ing tata tulis aksara Jawa / carakan Madhurâ yang mengandung sandhangan / pangangghuy  dan pasangan ing basa Jawa.
Panulisan aksara jawa
Panulisan sandhangan
Panulisan pasangan
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5
1
2
3
4
5

1
A
















2
B
















3
C




































                                                                               
                                                                                                   Mojokerto, 2 Januari 2020
              Mengetahui,                                                                                                             
              Kepala Sekolah                                                            Guru Bahasa Jawa


              Drs. H. …….                                                               ……., S.Pd.
       Nip. 19640XXXX                                                         Nip. 19680XXXXX

0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads