Saturday 8 August 2015

Tradisi Unik Berbagai Daerah di Indonesia Dalam Menyambut Kemerdekaan


Wah HUT RI yang ke-70 sudah didepan mata nih Toppers. Gimana Toppers, kamu sudah punya rencana belum untuk memeriahkan hari kemerdekaan di tahun ini? Di minggu-minggu menjelang HUT RI, biasanya orang-orang akan mulai merencanakan acara-acara seru agar hari kemerdekaan kian semarak. Aneka perlombaan seperti lomba makan kerupuk, balap karung, dan panjat pinang pun merupakan beberapa contoh acara yang dilakukan tiap tahunnya.
Namun, beda daerah tentu beda juga tradisi yang dilakukan dalam menyambut ulang tahun Indonesia. Dari banyaknya tradisi yang ada, ini dia tradisi unik yang dilakukan di berbagai daerah saat hari kemerdekaan tiba.

1. Pacu Kude, Aceh

Salah satu tradisi unik yang selalu dilakukan untuk memeriahkan hari kemerdekaan adalah Pacu Kude. Tradisi yang berasal dari Aceh Tengah ini sebenarnya merupakan lomba balam kuda. Namun yang membuatnya jadi unik, di dalam Pacu Kude setiap joki tidak ada yang memakai pelana dan hanya diperuntukan bagi mereka yang berusia 12-20 tahun. Keseruan dari acara Pacu Kude tidak perlu diragukan lagi. Setiap acara pacuan kuda tersebut diadakan, ratusan penonton pun pasti akan rela mengantri dan berdesak-desakan demi menyaksikan perlombaan ini.

tradisi unik di hari kemerdekaan - pacu kude

2. Lomba Dayung, Banjarmasin

Bagi masyarakat Banjarmasin, Kalimantan Selatan, merayakan kemerdekaan belum terasa lengkap kalau belum ada lomba dayung. Lomba yang selalu diadakan bertepatan dengan HUT RI diikuti ratusan peserta yang datang dari berbagai daerah di Kalimantan Selatan. Lomba dayung biasa diselenggarakan di Sungai Marta Pura. Peserta harus menempuh jarak 500 meter dimana satu perahu diisi oleh 10 orang. Selain memperebutkan hadiah uang tunai, peserta yang menang juga akan memperoleh piala bergilir dari gubernur Kalimantan Selatan.

tradisi unik di hari kemerdekaan - lomba dayung

3. Lomba Sampan Layar, Batam

Jika di Banjarmasin terdapat lomba dayung, maka di Batam ada lomba sampan layar. Setiap tahun, lomba ini selalu hadir untuk semakin memeriahkan HUT RI. Lomba sampan layar sendiri sudah ada sejak tahun 1959 dan tetap eksis hingga sekarang. Setiap acara ini digelar, ribuan penonton akan berbondong-bondong datang kemudian memadati daerah tepi laut hingga pelataran pelabuhan yang ada di daerah Belakang Padang.
tradisi unik di hari kemerdekaan - lomba sampan layar

4. Festival Telok Abang, Palembang

Jika kamu berkunjung ke Palembang saat menjelang HUT RI, pastikan kamu datang ke fetival Telok Abang. Festival ini merupakan tradisi masyarakat Palembang dalam memeriahkan hari kemerdekaan dan telah menjadi tradisi turun temurun. Dalam bahasa Palembang, telok berarti telur dan Abang berarti merah. Telok abang sendiri adalah telur yang dicat dengan warna merah lalu ditancapkan pada perahu, pesawat, atau mobil mainan yang terbuat dari gabus atau kayu. Menjelang hari kemerdekaan, pedagang telok abang akan memenuhi kota Palembang, biasanya telok abang dibanderol dengan harga Rp 15 ribu – Rp 150 ribu, tergantung tingkat kesulitan pembuatannya.
tradisi unik di hari kemerdekaan - telok abang

5. Lari Obor Estafet, Semarang

Lari obor estafet merupakan tradisi yang selalu dilakukan oleh warga Semarang untuk merayakan hari kemerdekaan. Lomba lari ini sudah dilakukan selama 32 tahun dan tetap rutin diselenggarakan sebagai tradisi tujuh belasan. Tradisi ini dilakukan dengan didasari oleh filosofi bahwa obor merupakan simbol semangat para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Lari obor estafet bisa kamu saksikan pada malam hari di tanggal 17 Agustus.
tradisi unik di hari kemerdekaan - lari estafet obor 



copy from https://blog.tokopedia.com/2015/08/tradisi-unik-di-hari-kemerdekaan/

0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads