Saturday 30 April 2016

Notasi Saron Satu dan Saron Dua/ Titi Laras Saron

Posted by ilmu dasar kehidupan On 08:52 | No comments


Notasi Saron 1 dan Saron 2



      Halo dulur sekarang yang saya update ialah notasi saron satu dan dua pada gendhing lancaran. Pada dasarnya notasi yang digunakan sama dengan notasi demung, bahkan teknik-teknik yang digunakan sama dan taka da beda.
      Hanya saja kali ini dulur, saya akan memberikan teknik pengembang bagi saron yang dinamakan “imbal”. Imbal digunakan ketika memasuki lirk. Perlu diingat  setiap notasi memiliki pasangan masing-masing. Untuk notasi 1 pasangannya 3, 2 – 5, 3-1, 5-2, 6-3. Sebelum melangkah lebih lanjut kita perlu mengenal kata “gatra” dalam titi laras. Apa itu gatra? Gatra itu 4 deretan dalam satu baris contoh.
 .  2  3  5                                         .  6  5  3                                 .  1  2  3                              5  3  2  1
Notasi diatas sudah diberi warna yang berbeda-beda, dari satu warna itulah terbentuk satu gatra. Warna merah = gatra 1 baris 1, warna kuning = gatra 2 baris 1, warna hijau= gatra 3 baris 1, warna biru= gatra 4 baris 1.
                Kita lanjut ke teknik “imbal”. Notasi yang dipakai saron terletak pada gatra 2 dan gatra 4 yang konsentrasinya pada notasi paling belakang ( .  6  5  3  dan 5  3  2  1) yang berarti angka/ notasi 3 dan 1. Pasangan 3=1 dan pasangan 1=3. Jadi notasi yang dipukul seperti dibawah
3 3 3  3                                           1 3  1  3                                 1 1 1  1                               3  1  3  1
 Itu tadi teknik yang digunakan untuk saron satu sedangan untuk saron dua pada dasarnya sama pasangannya sama hanya saja ketika saron satu konsentrasi di angka 1 saron dua konsentrasi di angka 2, saron dua selalu memukul notasi lebih tinggi, kecuali angka 6, saron dua konsen padda angka 5. Cara memukul saron bergantian, diawali saron dua diikuti saron 1.
Contoh pada balungan dibawah:
.  2  3  5                                          .  6  5  3                                 .  1  2  3                              5  3  2  1  (notasi demung)
. 3. 3. 3. 3                                      .1.3. 1. 3                               .1. 1. 1. 1                          .3. 1.3. 1 (notasi saron satu)
Untuk yang titik-titik itu adalah tempat untuk saron dua

.  2  3  5                                          .  6  5  3                                 .  1  2  3                              5  3  2  1  (notasi demung)
 5. 5. 5. 5.                                      2. 5. 2. 5.                              2. 2. 2. 2.                          5. 2.5. 2. (notasi saron dua)
Untuk yang titik-titik itu adalah tempat untuk saron satu
Jika saron satu dan dua didengarkan ketika mereka mengimbal maka notasinya seperti berikut
5 3 5 3 5 3 5 3                               1 2 3 5 1 2 3 5                      2 1 2 1  2 1 2 1                 5 3 2 1 5 3 2 1

Sekarang kita praktekkan dalam notasi tembang Jaranan

Jaranan
Laras Pelog 5
Buka :       t  t  p  d                       p  .  p  1
Intro :       .  2  3  5                       .  6  5  3                                    .  1  2  3                           5  3  2  1
                   .  1  1  1                       6  5  6  1                                   .  1  2  1                           6  5  4  5
                   .  6  6  5                       .  6  6   5                                   1  2  3  .                           5  3  2  1
                   11  2   3   1                  11  2  3  1                                 5  .  5  .                            56  3  2  1

A                .  3  .  5                        .  6  .  3                                     .  2  .  3                            .  2  .  1
                   .  1  .  1                        .  6  .  1                                     .  2  .  1                            .  6  .  5
                   .  6  .  5                        .  6  .  5                                     .  2  .  3                            .  2  .  1
                   .  2  .  1                        .  2  .  1                                     .  3  .  5                            .  3  .  1


Untuk pada (paragraf ) yang “A” diganti dengan teknik seperti cara diatas yang berkonsentrasi pada angka yang berwarna, karena memasuki lirik.

0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads