Sunday 24 June 2018

Puasa Sunah Senin Kamis

Posted by ilmu dasar kehidupan On 11:09 | No comments
Puasa Sunah Senin dan Kamis

Pengertian Puasa Senin Kamis serta Hadist Pendukung

Puasa senin kamis merupakan jenis puasa sunah yang dilaksanakan setiap hari senin dan kamis, seperti dengan namanya. Beberapa hadits meriwayatkan bahwa salah satu puasa yang sering dilaksanakan oleh Rasulullah SAW adalah puasa pada hari senin dan kamis. Oleh karena itu sebagai umat nabi Muhamad sudah sepantasnya meneladani contoh-contoh yang diberikan oleh beliau, guna sebagai ibadah tambahan agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, hal ini dapat dibuktikan  dari hadist  berikut.

Dari Abu Qotadah Al Anshori radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya mengenai puasa pada hari Senin, lantas beliau menjawab, “Hari tersebut adalah hari aku dilahirkan, hari aku diutus atau diturunkannya wahyu untukku.”(HR. Muslim no. 1162)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Berbagai amalan dihadapkan (pada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku dihadapkan sedangkan aku sedang berpuasa.” (HR. Tirmidzi no. 747)
Niat puasa sunah senin dan kamis

Doa/ Niat Puasa Senin Kamis

 lafadz niat puasa Senin :

نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعال

Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa
“Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala”

Lafadz niat puasa kamis :

نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعال

Nawaitu dhouma yaumul khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa
 “Aku berniat puasa sunnah  hari kamis karena Allah Ta’ala.

Doa buka puasa

اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ اَفْطَرْتُأ ذَهَبَ الظَّمَأُوَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ                
Allahumma laka shumtu wa’ala rizqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallaatil ‘uruqu watsabatal ajru
“Ya Allah hanya untuk Mu aku berbuka dan dengan rizki-Mu lah aku  berbuka. Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah serta pahala telah tetap”

Keutmaan, Hikah, dan Manfaat Puasa Senin Kamis

Meningkatkan Ketakwaan Dan Pahala Akan Dilipatgandakan

Hari Senin Merupakan Hari Rasulullah Dilahirkan Dan Menerima Wahyu-Wahyu

Pintu Surga Terbuka

Perisai Jiwa

Meningkatkan Kedisiplinan

Meningkatkan Amalan

Meningkatkan Rasa Syukur

Terhindar Dari Godaan Syaitan


0 comments:

Total Pageviews

anti block

G.ads